Kisah Para Penemu Muda : iBlind, Alat Pembaca SMS Bagi Tunanetra yang Diciptakan Siswa SMA

 
 

Siswa SMAN 6 Yogyakarta Muhammad Hanif Sugiyanto dan Swakresna Edityomurti menjadi salah satu finalis Young Inventor Award 2013 yang digelar LIPI. Mereka menciptakan iBlind, alat pembaca SMS yang bisa membantu kaum tunanetra.

Ajang pameran penemu muda Indonesia ini digelar 14-15 November 2013. LIPI setiap tahun membuat acara ini untuk menemukan para penemu muda untuk kemudian diikutsertakan di ajang penemu internasional. Selain kategori temuan, ada juga karya ilmiah untuk siswa dan guru.

Dari 30 karya yang dipamerkan, ada iBlind . Ini adalah sebuah alat yang didedikasikan untuk para kaum tunanetra yang hendak berkomunikasi via telepon genggam.

"Awalnya saya bikin ini karena ada tetangga yang dia suka minta tolong bantu untuk bacain SMS dan belesin, " kata Hanif saat berbincang dengan detikcom, Jumat (29/11/2013).

Lalu, Hanif pun tergerak untuk membuat alat yang bisa membantu tetangganya tersebut. Sebuah mekanisme yang bisa mengubah teks digital jadi sebuah kode braile.

"Tapi yang baru saya temukan baru mekanisme kerjanya, dalam bentuk asli HP belum, " imbuhnya.

Meski masih terbilang sederhana, temuan Hanif ini patut diacungi jempol. Sebab bisa jadi sebuah awal dari temuan alat yang lebih canggih. Saat ini, Hanif baru membuat prototipe dalam bentuk tablet .

"Biasanya kan kalau braile huruf timbul, ini saya ganti pakai lampu. Misalnya saya susun enam lampu, kalau huruf A, satu lampu yang nyala, " jelas siswa kelas XII ini.
Sumber : detikNews, 29/11/2013

Diakses : 1382