Kompetisi Ilmiah LIPI Tampilkan 89 Karya Finalis

 
 
JAKARTA, (PRLM).- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar empat kompetisi ilmiah, yaitu Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-43, Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) ke-19, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-10, dan National Young Inventor Awards (NYIA) ke-4.

Presentasi finalis akan dilaksanakan di Widya Graha LIPI Jl. Gatot Subroto 10 Jakarta, Senin (3/10). Dan, pengumuman pemenang pada Selasa (4/10). Bersamaan dengan itu diadakan pameran kompetisi ilmiah yang menampilkan 89 karya dari para finalis.

LKIR mencakup bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, bidang Ilmu Pengetahuan Alam, dan bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Sementara itu, LKIG meliputi kategori tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kepala LIPI Lukman Hakim mengatakan, LIPI berperan utama dalam pengembangan kesadaran budaya meneliti bagi generasi muda dan guru. "Salah satu langkahnya dengan menyelenggarakan serangkaian kompetisi ilmiah dengan tujuan membangkitkan budaya meneliti di kalangan remaja dan guru, " ujarnya sebagaimana siaran pers yang diterima PRLM di Jakarta, Jumat (30/9).

Dijelaskan Lukman, hal ini tentunya bermuara pada tujuan akhir agar Indonesia menjadi negara maju di kancah dunia.

Sebelumnya, Lukman menuturkan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) semestinya dipahami sebagai kesadaran akan pemanfaatannya untuk menopang sistem perekonomian yang berbanding linear dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada bidang pendidikan dan penelitian.

Pikiran Rakyat (Online)
Jumat, 30/09/2011

Diakses : 1225