Kontribusi LIPI di Capaian Empat Tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Dalam masa empat tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) beserta Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang berada di bawahnya telah memberikan sumbangsih besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi bagi bangsa Indonesia. “Dalam Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) 2015-2019, ada sepuluh bidang yang menjadi perhatian pemerintah saat ini. Ada enam bidang yang menjadi perhatian Kemenristekdikti, yakni pangan, energi, kesehatan, teknologi informasi & komunikasi, transportasi dan kebencanaan,” jelas Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir di Jakarta pada Selasa (30/10).

LIPI sendiri memberikan kontribusi di sektor pangan lewat Pupuk Organik Hayati (POH) yang dapat diterapkan di semuakomoditas tanaman pada pertanian organik maupun konvesional dan mampu meningkatan hasil produksi sampai 50 persen.

Di bidang energi, LIPI telah menghasilkan Smart Micro Grid terdiri dari intelligent inverter yang dapat mengkonversi sumber energi dari sinar matahari, air, angin atau biogas untuk penyediaan listrik skala kecil.
LIPI juga berhasil membangun High Performance Computer yang meruupakan sarana komputasi paralel dengan memanfaatkan klaster komputer berbasis Linux yang dibangun berdasarkan kebutuhan komputasi untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Sedangkan di bidang kebencanaan, LIPI telah menerapkan hasil riset berupa WISELAND, sistem pemantauan bahaya gerakan tanah berbasis jaringan sensor nirkabel. Jaringan sensor nirkabel dalam sistem ini terdiri dari modul-modul sensor kadar air, tekanan air tanah, curah hujan, tiltmeter dan ekstensometer. Juga sensor tanah longsor untuk memprediksi terjadinya bencana tanah longsor di daerah rawan lewat pemantauan  on line sepanjang tahun, dengan kombinasi energi dari  tenaga surya.

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko mengungkapkan LIPI sebagai lembaga riset merupakan hulu dari pengembangan riset. “Kami berharapa dapat mempererat kerjasama dengan industri untuk memproduksi masal hasil penelitian dan teknologi yang dibuat oleh LIPI sebagai bentuk kontribusi LIPI dalam pembangunan ekonomi nasional,”
 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.