Kunjungi Pusat Penelitian LIPI, Delegasi Belarus Inginkan Implementasi Kerja Sama

 
 
(Jakarta, 1 Maret 2013 Humas BKPI LIPI). Dua orang delegasi Belarus, selama 2 hari, Kamis-Jumat (28/2-1/3), mengunjungi sejumlah Pusat Penelitian di kawasan kampus LIPI Bandung, Jawa Barat dan Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Mereka adalah Dr. Sergei Chizhik (Deputy Chairmain of the National Academy of Sciences (NAS) Belarus dan Aleksandr Gerasimov (Director the International Scientific amd Technical Cooperation Division of the State Committe on Science and Technologies of Belarus).

Pada hari pertama, pusat penelitian yang dikunjungi adalah Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Telimek), Pusat Penelitian Fisika (Bandung), dan Pusat Penelitian Kimia. Sedangkan, kunjungan hari kedua berlangsung di Pusat Penelitian Metalurgi, Pusat Penelitian Fisika (Serpong), dan Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi (KIM).

Kedua orang ilmuwan Belarus tersebut tampak antusias melihat setiap laboratorium maupun fasilitas lainnya yang ada di setiap pusat penelitian. Mereka pun berkeinginan segera mengimplementasikan proposal kerja sama antara NAS dengan LIPI. Kami tertarik dengan mobil listrik LIPI dan bisa bekerja sama untuk pengembangannya, ungkap Dr. Sergei Chizhik saat berkunjung ke Pusat Penelitian Telimek.

Ketertarikan tidak hanya itu saja, ilmuwan Belarus ini juga antusias dengan teknologi-teknologi yang terkait metalurgi, fisika, kimia, kalibarasi, instrumentasi, serta metrologi. Kami menyambut baik atas kedatangan ini dan berharap proyek kerja sama segera terealisasi, ungkap Dr. Ing. Andika Widya Pramono M.Sc., Kepala Pusat Penelitian Metalurgi LIPI tatkala menerima dua ilmuwan tersebut.

Sementara itu, Dr. Estiko Rijanto, Kepala Pusat Penelitian Telimek LIPI mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang perlu segera dilakukan untuk memperkuat kerja sama antara LIPI dengan NAS yang tertuang dalam proposal kedua pihak. Di antaranya, pelaksanaan proyek penelitian bersama dengan membentuk kelompok ilmuwan yang bekerja ke arah tersebut serta kerja sama dalam eksebisi antara NAS dan LIPI pada Maret-April 2013.

Selain itu, ada pula penciptaan pusat bersama untuk transfer teknologi dan laboratorium bersama yang saling melengkapi. Tak hanya itu, kerja sama pelatihan ilmuwan dan studi Ph D antara kedua pihak bisa berlangsung. Setidaknya ada 5 orang yang menjalani hal tersebut pada tahun ini. (pwd/pwd)
Sumber : Humas BKPI - LIPI

Diakses : 1218