Kunker Menegristek ke LIPI, Puslit SDA dan Puskim PU

 
 

Akhir-akhir ini sering terdengar di berita media baik cetak ataupun elektronik, adanya antrian kendaraan di SPBU, nelayan tidak bisa melaut, penggilingan gabah tidak beroperasi, penguasa angkutan umum menghentikan operasinya; berkaitan dengan kelangkaan solar karena adanya pengurangan kuota. Kebijakan tersebut ditempuh karena subsidi BBM sudah melampaui dari target yang ditetapkan. Tidak menutup kemungkinan akan merembet ke pengurangan kuota premium.

Bulan Mei tahun 2012, bertempat di Gedung Agung Yogyakarta, Presiden menginstruksikan perlunya pengembangan energi alternatif pengganti BBM, terutama pengembangan transportasi bersumberdaya listrik. Berawal dari instruksi tersebut, pengembangan kendaraan nasional listrik mulai bergulir; baik Menteri BUMN dengan tucuxi-nya, Dasep Ahmadi dengan city car-nya, maupun LIPI dengan pengembangan mobil listriknya yang sudah dirintis sejak tahun 1994.

Berkaitan dengan hal itu, Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menegristek) Gusti Muhammad Hatta didampingi oleh Plt. Staf Ahli Menegristek Bidang Pertahanan dan Keamanan, Hari Purwanto dan Asisten Deputi Iptek Pemerintah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), Pariatmono melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika (Telimek) Bandung yang melakukan riset mobil listrik pada Kamis 11 April 2013.

Selain melihat kesiapan mobil listrik yang akan diujicobakan di jalan yang sesungguhnya di Kota Yogyakarta, Menegristek juga meninjau mobil listrik khusus untuk rapat. Dalam kesempatan yang sama, Menegristek juga melakukan kunjungan di beberapa pusat penelitian LIPI di Bandung; antara lain riset berkaitan dengan software handphone Indonesia (Bandros), radar, lampu hemat energi LED, teknologi pengukuran curah hujan, penjernihan air.

Selain meninjau perkembangan riset mobil listrik di beberapa pusat penelitian di LIPI, Menegristek beserta rombongan juga melakukan kunjungan kerja ke Puslitbang SDA Kementerian PU untuk meninjau perkembangan inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Puslitbang Sumber Daya Air Kementerian PU baik yang sudah diterapkan maupun sudah dikembangkan.

Dalam kunjungannya Menegristek, Gusti Muhammad Hatta disambut langsung oleh Kepala Pustlitbang SDA, Graita R Sutardi beserta jajarannya. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi pameran hasil-hasil litbang di ruang Audio Visual. Kepala Pusat Litbang SDA didampingi pejabat terkait dan para peneliti menjelaskan berbagai produk hasil litbang yang dihasilkan oleh Puslitbang SDA melalui poster-poster serta alat pamer lainnya.

Setelah itu Menegristek, Gusti Muhammad Hatta meninjau secara langsung ke Lab Balai LK dan BHGK. Dalam kunjungannya, Menegristek terlihat sangat tertarik terhadap hasil litbang dari Puslitbang SDA dan antusias dalam menyimak penjelasan dari Kapuslitbang SDA serta para peneliti.

Menegristek mengatakan, Indonesia ini boleh dikatakan dari segi jumlah air sebenarnya banyak, hanya saja karena ada pencemaran-pencemaran yang dulu sehingga kualitasnya menjadi kurang bagus sehingga kita keterbatasan air.

Menegristek mengapresiasi apa yang sudah dihasilkan oleh puslitbang Kementerian PU, ini perlu diterapkan untuk mendukung dilingkungan kita.

Memang salah satu 8 program dari MDGs adalah ketersedian akses terhadap air bersih, itu yang belum tercapai , ujar Menegristek.

Kemudian Menegristek beserta rombongan melanjutkan peninjauan ke Puslitbang Pemukiman Badan Litbang PU. Puslitbangkim merupakan salah satu yang telah melakukan berbagai penelitian di bidang permukiman, pengembangan teknologi bangunan, dan lingkungan permukiman, standarisasi, pengujian, dan lain-lain. Berbagai produk keluaran Puslitbangkim telah banyak dimanfaatkan dalam pembangunan baik yang dilakukan oleh pemerintah. (ad1-dep5/humasristek)
Sumber : Ristek, 12 April 2013

Diakses : 1469