LIPI Ajak Masyarakat Jember Gunakan POH

 
 
Jember, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menyelenggarakan diseminasi hasil penelitian Pupuk Organik Hayati (POH).  “LIPI berupaya meningkatkan daya saing masyarakat melalui penguatan pertanian di Indonesia khususnya jember. Upaya ini diharapkan sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Hal ini penting agar kita dapat meningkatkan daya saing sumber daya alam yang berbasis iptek,” ujar Hardi Julendra, Kepala Balai Pengembangan Teknologi Bahan Alam di sela-sela Diseminasi Iptek LIPI yang dilaksanakan di Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Kabupten Jember  Senin (3/9).

Julendra menyampaikan bahwa kali ini LIPI tidak hanya membawa teknologi POH, tetapi juga akan melakukan pelatihan pembuatan POH kepada masyarakat di Desa Sempolan.

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI,Bambang Haryadi menjelaskan bahwa LIPI sebagai salah satu mitra kerja Komisi VII DPR RI dan sudah banyak menghasilkan penelitian yang bermanfaat untuk masyarakat. “Kami sangat mendukung upaya LIPI untuk mendiseminasikan hasil penelitian ini untuk semakin memperkuat potensi pertanian kita,” ungkapnya.

Dirinya berharap, proses diseminasi ini tidak selesai begitu saja setelah acara diseminasi selesai, dia berharap terus terjadi kesinambungan dua arah antara masyarakat yang hadir dalam acara diseminasi ini dengan LIPI. “Masyarakat diharapkan dapat menerima, menyerap, dan memanfaatkan informasi, ilmu, dan hasil iptek LIPI untuk kemajuan dirinya dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Sebagai informasi,Dalam diseminasi ini, dihadiri kurang lebih seratus orang perwakilan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) yang berasal tidak hanya dari Desa Sempolan maupun Kecamatan Silo, tetapi juga hadir perwakilan dari desa kecamatan tentangga.

Selain diskusi dan pelatihan POH, LIPI juga menyerahkan kepada masyarakat berupa 400 batang bibit durian merah, 800 batang bibit kelengkeng jenis aroma durian, 1000 batang bibit duku jenis matesih, dan 150 liter POH. (agl,ed:lyr)

Sumber : Biro Kerjasama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Hardi Julendra S.Pt.,M.Sc.
Diakses : 324