LIPI Akan Gelar Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional

 
 
JAKARTA, (PRLM).- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kemenristekdikti akan menyelenggarakan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (Kipnas) XI/2015. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung pada Oktober mendatang.

Ini merupakan media bagi para ilmuwan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan strategis dan aktual yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, ujar Sekretaris Utama LIPI Siti Nuramaliati Prijono dalam keterangan, Jumat (5/6/2015).

Sebelumnya dijelaskan, sebagai lembaga penelitian terbesar dan tertua di Indonesia, LIPI dihadapkan pada tantangan untuk memberikan sumbangsih pemikiran di berbagai bidang keilmuan.

Diperkirakan dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan, masalah-masalah strategis seperti pangan, energi, air dan good governance dapat menghalangi langkah menuju Indonesia yang lebih berdaya saing, mandiri dan berdaulat.

Dia menjelaskan, faktor kunci keberhasilan untuk menuju ke arah itu adalah sumber daya manusia yang inovatif . Di sinilah letak pentingnya peran ilmuwan Indonesia agar Indonesia memiliki daya saing nasional khususnya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, kata Siti.

Sejak berdiri pada 1967 LIPI telah banyak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan. LIPI terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui berbagai kegiatan penelitian. Hal ini mengacu pada visi LIPI untuk mendorong terwujudnya kehidupan bangsa yang adil, makmur, cerdas, kreatif, integratif, dan dinamis yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang humanis.

Menurut catatan, kegiatan Kipnas termasuk dalam rangkaian peringatan 48 tahun berdirinya LIPI. Sebagaimana diketahui, pada 23 Agustus 2015 mendatang, LIPI genap berusia 48 tahun yang juga diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

Bersamaan dengan itu digelar kegiatan bertajuk Indonesia Science Expo (ISE), untuk memamerkan hasil riset dan inovasi teknologi yang dihasilkan oleh LIPI.

Pameran ini diperlukan guna menggugah pemahaman masyarakat akan pentingnya peran edukasi, riset, teknologi, dan inovasi dalam pembangunan bangsa.

Selain Kipnas, LIPI juga akan menggelar pemberiaan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo atau Sarwono Award XIV yang dibarengi dengan Sarwono Memorial Lecture XV. Kegiatan itu merupakan tradisi tahunan LIPI, serta merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo (almarhum) sebagai Bapak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sekaligus Ketua LIPI pertama.

Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain mengatakan, LIPI telah mulai memberikan Penghargaan Sarwono ini sejak 2001. Dijelaskan, LIPI menyadari betul pentingnya memberikan apresiasi terhadap individu yang memberikan kontribusi dan berpengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidangnya.

Sementara itu, khusus lecture atau orasi ilmiah diberikan oleh seseorang yang terpilih, mumpuni di bidangnya, baik dari kalangan ilmuwan, maupun dari para praktisi, pakar, dan tokoh masyarakat yang sudah terbukti kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan bagi bangsa dan negara.(Agus Ibnudin/A-147)
Sumber : Pikiran Rakyat Online, 5 Juni 2015

Sivitas Terkait : Siti Nuramaliati Prijono

Diakses : 1018