LIPI Akan Gelar Penghargaan Sarwono, Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional, dan Indonesia Science Expo 2015

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 1967 terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui berbagai kegiatan penelitian. Hal ini mengacu pada visi LIPI untuk mendorong terwujudnya kehidupan bangsa yang adil, makmur, cerdas, kreatif, integratif, dan dinamis yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis. Sebagai rangkaian peringatan 48 tahun berdirinya, LIPI akan menggelar pemberiaan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo (Sarwono Award) XIV dan Sarwono Prawiroharjo Memorial Lecture (SML) XV. Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan LIPI, serta bentuk penghormatan atas jasa-jasa Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo (almarhum) sebagai Bapak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sekaligus Ketua Pertama LIPI. Selain itu, LIPI juga akan menyelenggarakan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) XI, dan menggelar Indonesia Science Expo (ISE) untuk memamerkan hasil riset dan inovasi teknologi yang dihasilkan oleh LIPI.

Jakarta, 4 Juni 2015. Pada 23 Agustus 2015 mendatang, LIPI genap berusia 48 tahun yang juga diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas). Sejak berdirinya di tahun 1967, LIPI telah banyak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan. Sebagai bentuk peringatan HUT dan penghormatan terhadap Prof. Sarwono Prawirohardjo selaku Ketua Pertama, LIPI menggelar pemberiaan Penghargaan Ilmu Pengetahuan (Sarwono Award) ke XIV kepada tokoh pemerhati ilmu pengetahuan.

LIPI telah mulai memberikan penghargaan ini sejak tahun 2001. LIPI menyadari betul pentingnya memberikan apresiasi terhadap individu yang memberikan kontribusi dan berpengaruh terhadap perkembangan iptek di bidangnya, ungkap Kepala LIPI Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain.

Kegiatan Pemberian Penghargaan tersebut juga dibarengi dengan Sarwono Memorial Lecture (SML) ke XV. Lecture atau orasi ilmiah diberikan oleh seseorang yang terpilih, mumpuni di bidangnya, baik dari kalangan ilmuwan, maupun dari para praktisi, pakar, dan tokoh masyarakat yang sudah terbukti kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan bagi bangsa dan negara, imbuh Iskandar.

Sebagai lembaga penelitian terbesar dan tertua di Indonesia, LIPI dihadapkan pada tantangan untuk memberikan sumbangsih pemikiran di berbagai bidang keilmuan. Diperkirakan dalam kurun waktu 5 - 10 tahun ke depan, masalah-masalah strategis seperti pangan, energi, air dan good governance dapat menghalangi langkah menuju Indonesia yang lebih berdaya saing, mandiri dan berdaulat. Faktor kunci keberhasilan untuk menuju ke arah tersebut adalah Sumber Daya Manusia yang inovatif . Di sinilah letak pentingnya peran ilmuwan Indonesia agar Indonesia memiliki daya saing nasional khususnya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, ungkap Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono.

Untuk itu, sebagai momentum bagi ilmuwan Indonesia untuk menyumbangkan buah pikirannya dalam era globalisasi, LIPI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Kemenristekdikti kembali menyelenggarakan KIPNAS ke XI pada Oktober mendatang. Ini merupakan media bagi para ilmuwan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan strategis dan aktual yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, imbuh Siti.

Bersamaan dengan itu, LIPI juga akan menggelar Indonesia Science Expo (ISE) untuk memamerkan hasil riset dan inovasi teknologi yang dihasilkan oleh LIPI. Menurut Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI, Nur Tri Aries S, M.A, pameran ini diperlukan guna menggugah pemahaman masyarakat akan pentingnya peran edukasi, riset, teknologi dan inovasi dalam pembangunan bangsa. Akademisi, kalangan bisnis, serta pemerintah akan bertemu dan bersinergi bersama dalam ISE nanti guna memperkenalkan, membangun kerja sama, dan menciptakan produk-produk inovasi baru di berbagai bidang, tutup Nur.

Terkait seluruh kegiatan tersebut, LIPI akan menggelar Kick Off Persiapan Penyelenggaraan Pemberian Penghargaan Sarwono Prawirohardjo, Sarwono Memorial Lecture, Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS), dan Indonesia Science Expo (ISE) Tahun 2015 pada Jum at, 5 Juni 2015 di Ruang Seminar Widya Graha LIPI lt. 1 pukul 09.30 WIB.

Keterangan Lebih Lanjut:
- Dr. Siti Nuramaliati Prijono (Sekretaris Utama LIPI)
- Nur Tri Aries Suestiningtyas, MA (Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)

Note/Undangan:
Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk menghadiri Kick Off Persiapan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo, Sarwono Memorial Lecture, Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS), dan Indonesia Science Expo (ISE) Tahun 2015 pada Jum at, 5 Juni 2015 di Ruang Seminar Widya Graha lt.1, Jl. Gatot Subroto 10, Jakarta pukul 09.30 WIB.

Penulis : msa
Editor : isr

Siaran Pers ini dibuat oleh Humas LIPI

Diakses : 1277