LIPI Akui Hevina Sedan Pakai Platform Timor

 
 
JAKARTA - Sebelumnya pernah diwartakan oleh Okezone jika LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terkesan samar-samar mengakui Hevina sedan listrik untuk Menristek mengadopsi basik dari mobil Timor.

Namun kali ini LIPI tidak ragu mengakui jika sedan listrik yang sudah resmi diserahkan kepada menristek tersebut memang menggunakan platform Timor, mobil yang memang sempat menjadi mobil nasional dan dilabeli mobil rakyat pada dekade 90-an.

"Oh sasis, jadi kami mengambil platform Timor ini, karena ada histori mobil nasional pada jamannya, " ujar Abdul Hafid Koordinator Penelitian LIPI saat berbincang dengan Okezone di acara Harteknas, Taman Mini, Jakarta Timur.

"Awalnya pak menteri minta konversi saja, tapi kita desain lagi bodi, dashboard, lampu. Jangan ngeplek langsung begitu saja, iya itu Timor tahun 97, " tambah Abdul Hafid.

Seperti diketahui, Signal Kustom yang bertanggung jawab masalah estetika Hevina sedan bekerja keras mengubah tampilan wajah dengan membuat ulang bagian bumper sekaligus spoiler. Signal juga mendesain ulang penempatan lampu kabut yang sudah disandingkan bersama sepasang DRL (Daytime Running Light) LED. Desain grille juga berubah total dari sosok Timor, modelnya kini lebih menyipit karena motor listrik tidak butuh banyak asupan udara layaknya mesin konvensional.

Lain hal dengan bagian depan dan samping, di bagian belakang barulah terlihat jelas ciri khas sebuah mobil Timor. Tidak butuh banyak pengetahuan automotif, cukup sekedar atau setidaknya pernah sekali melihat sosok Timor dijalan, pasti akan mengamini mobil Hevina sedan tersirat seperti sebuah Timor yang sudah dimodifikasi besar-besaran.

Penyebabnya, LIPI enggan mengganti model lampu bagian belakang Timor, Signal hanya mendapat perintah untuk melakukan penyelesaian akhirnya saja.

"Yang jelas terlihat lampu mas, lampu depan dan belakang itu tidak diganti namun yang terlihat lampu belakang. Banyak pengunjung yang bilang lampu depan yang diganti, padahal lampu depan juga tidak diganti, " pungkasnya.
(zwr)
Sumber : Okezone.com, 31 Agustus 2013

Sivitas Terkait : Abdul Hapid

Diakses : 1570