LIPI Bantu Gorontalo Tingkatkan Potensi Sektor Perikanan

 
 
Gorontalo, Humas LIPI. Sektor perikanan di Gorontalo memiliki potensi besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Perairan di daerah ini secara spesifik memiliki potensi pengembangan perikanan budidaya air tawar yang termanfaatkan secara optimal memenuhi kebutuhan pasar luas yang bersumber dari danau Limboto.

Sebagai upaya mendukung pengembangan potensi daerah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberi bantuan 100 ribu bibit ikan Nila Gesit kepada masyarakat desa Pentandio Barat, kecamatan Telaga Biru, Gorontalo pada Jum’at (21/9) lalu.

Selain itu, LIPI juga memberikan pelatihan pengolahan pangan berbasis hasil budidaya perikanan air tawar. “LIPI mempunyai tanggung jawab mengembangkan iptek melalui kegiatan penelitian dan menerapkan langsung hasil penelitiannya kepada masyarakat. Melalui kegiatan diseminasi ini LIPI berharap hasil penelitiannya dapat bermanfaat bagi masyarakat Gorontalo dan sekitarnya,” ujar Kepala Bagian Kerja Sama LIPI, Mila Kencana.

“Kami berterima kasih atas pemberian bibibit nila gesit kepada masyarakat Gorontalo,” ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Hadir dalam acara diseminasi LIPI tersebut, anggota komisi VII DPR RI, Fadel Muhammad, mentampaikan bahwa salah satu program pemerintah yang bisa diukur langsung hasilnya adalah melalui program budidaya perikanan, apalagi Gorontalo sangat kaya dengan potensi sumber daya perikanan. “Program budidaya dapat terukur jelas melalui timeline kegiatan dan anggaran pendukungnya. Namun, yang perlu diperhatikan tentunya dukungan berkesinambungan sehingga tercipta sinergi yang baik antar masyarakat dan pemerintah,” jelas Fadel.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi atas kiprah LIPI di Gorontalo. “Peran signifikan LIPI untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai amanat konstitusional dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Fadel. Ia juga mengharapkan agar program-program kerja LIPI semakin memberikan dampak langsung kepada masyarakat guna peningkatan daya saing ekonomi. (mlk/ed: fza) 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Mila Kencana S.IP., M.A.