LIPI Berharap KR Katingan Berbentuk Badan

 
 
(Bogor, 1 Maret 2013 Humas BKPI LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengharapkan keberadaan Kebun Raya (KR) Katingan Kalimantan Tengah ke depan bisa berbentuk Badan. Sekarang sedang diurus dari sisi legalitasnya berupa Peraturan Daerah. Harapannya adalah KR Katingan akan menjadi semacam badan, ungkap Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya (KR) Bogor LIPI, Ir. Mustaid Siregar, M.Si dalam Rapat Koordinasi antara PKT KR Bogor LIPI yang dipimpinnya dengan Drs. Duwel Rawing, Bupati Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Jumat pekan lalu, di Bogor.

Sementara itu, rapat koordinasi sendiri menyepakati bahwa tahun 2013, KR Katingan akan ditingkatkan statusnya setingkat Eselon III yang akan menggabungkan dua unit yang telah ada. Rapat tersebut dihadiri beberapa instansi terkait yang menegaskan kesiapannya untuk mendukung pembangunan KR Katingan, seperti Badan Lingkungan Hidup akan membuat Amdal, Dinas Pertambangan dan Energi membangun jaringan listrik ke kawasan kebun raya.

Pada tahun ini, Mustaid mengatakan bahwa kebun raya yang memfokuskan pada konservasi buah Kalimantan ini akan membangun beberapa infrastruktur dasar. Di antaranya, kantor pengelola, pembibitan, penambahan kawasan, pos jaga dan embung. Sumber dana pembangunan itu dari Pemerintah Kabupaten Katingan.

Ia menambahkan, Bupati Katingan berharap ke depan ada koordinasi dan sinergi program antara KR Katingan dengan KR Bogor. Adapun LIPI dalam hal ini PKT KR Bogor siap membantu dalam pembinaan, eksplorasi dan detasering. Selain itu, Pegawai Tidak Tetap yang ditempatkan disana akan menjadi penghubung antara kedua pihak, pungkasnya. (krb/pwd)
Sumber : PKT KR Bogor diedit oleh Bagian Humas BKPI - LIPI

Sivitas Terkait : Mustaid Siregar

Diakses : 1322