LIPI Berikan Hasil Rekomendasi KIPNAS ke Pemerintah sebagai Landasan Kebijakan

 
 
(Jakarta Humas LIPI). Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) Ke-11 dan Indonesia Science Expo (ISE) 2015 merupakan momentum LIPI menyatukan suara dalam bidang sains guna memberikan solusi untuk permasalahan bangsa. Secara khusus melalui KIPNAS, LIPI telah berkomitmen untuk memberikan rekomendasi hasilnya kepada pemerintah sebagai bahan masukan dalam pengambilan kebijakan, tegas Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto saat berbicara dalam acara talkshow di Studio Sindotrijaya FM, Rabu (7/10) malam.

Bambang berharap penyelenggaraan KIPNAS dapat berperan sebagai wadah para ilmuwan untuk bertukar pikiran dan menghasilkan luaran yang dapat menjadi landasan kebijakan pemerintah. Hal tersebut seperti negara-negara maju yang telah menggunakan iptek sebagai landasan kebijakan mereka, seperti Jepang.

Di sisi lain terkait dengan penyelenggaraan ISE, Bambang menjelaskan, pameran sains ini diharapkan mengedukasi masyarakat agar lebih paham terhadap pentingnya riset bagi masa depan. Oleh karena itu, target peserta yang diharapkan hadir tidak hanya dari kalangan pemerintah, tetapi juga industri dan swasta karena kami ingin sains menjadi bagian dari masyarakat, sambungnya.

Kepala Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI, Nur Tri Aries S, MA menambahkan, penyelenggaraan ISE kali ini juga diharapkan mampu menarik minat anak-anak sekolah untuk berkunjung melalui kegiatan lomba gambar bertema ilmu pengetahuan. Hasil karya pemenang lomba ini akan disampaikan kepada Japan Institute of Invention and Innovation (JIII) untuk disertakan pada art gallery of children s art for the science tomorrow on Internet, imbuhnya.

Sedangkan dalam KIPNAS, Nur melanjutkan, LIPI menyerahkan pula penghargaan LIPI Young Scientist Award (LYSA) bagi peneliti muda yang konsisten melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan. Pemberian LYSA merupakan yang pertama tahun ini dan rencananya akan menjadi agenda tahunan LIPI sebagai reward untuk peneliti muda yang berdedikasi, tutupnya. (lyr/ed: pwd)
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas

Diakses : 1392