LIPI Berikan Pelatihan Perbanyakan Tanaman Buah Langka

 
 
Cibinong, Humas LIPI. Perbanyakan tanaman menggunakan teknik kultur jaringan tanaman semakin populer saat ini dimasyarakat. Kultur jaringan memiliki beberapa keunggulan memiliki sifat yang sama identik dengan induknya, mampu menghasilkan bibit dalam jumlah besar serta waktu yang singkat dan mutu bibit menjadi lebih terjamin.  Sejak tahun 2017, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan PT Astra International Tbk melakukan upaya penyelamatan buah langka nusantara melalui Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (PRANARAKSA).

Salah satu kegiatan PRANARAKSA adalah pelatihan teknik kultur jaringan pada Selasa (21/5) lalu di Cibinong, Jawa Barat. “Pelatihan PRANARAKSA kali ini menitik beratkan pada teknik pemindahan bibit tanaman hasil kutur jaringan dari dalam botol steril kelapangan yang disebut aklimatisasi serta perawatan tanaman buah hasil kultur jaringan dan pembuatan kompos,” ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati.

Dirinya menjelaskan, tanaman buah hasil kultur jaringan yang ditanam pada media steril didalam botol perlu memperhatikan tahapan aklimatisasi agar tanaman buah dapat bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan lingkungan luar.  “Pemeliharaan setelah dipindahkan kelingkungan luar serta pemupukan juga sangat penting untuk diperhatikan,” jelas Enny. Dirinya menjelaskan, kompos yang diaplikasikan pada tanah dapat memperbaiki kualitas tanah sehingga tanaman buah hasil kultur jaringan dapat tumbuh dengan subur karena tercukupi kebutuhan unsur haranya.

Menurut Team Leader of Environment and Social Responsibility Division PT Astra International Tbk, Bondan Susilo di tahun 2019, selain fokus pada penanaman buah langka program PRANARAKSA juga mulai fokus terhadap pengembangan softskill individu para praktisi melalui program yang inovatif dan implementatif. “Pelatihan kali ini diikuti oleh 45 orang pegawai yang berasal dari beberapa anak perusahaan PT. AstraIinternational Tbk. yang tersebar di wilayah Indonesia untuk  mendukung program Astra Green Company yang mensyaratkan penghijauan di wilayah ring-1 disetiap perusahaan” ungkap Bondan Susilo (est/fz)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati
Diakses : 646