LIPI Bina Universitas dan UMKM Kembangkan Potensi Lampung Selatan

 
 
Lampung Selatan, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memiliki fasilitas penelitian yang berada di setiap satuan kerja. Fasilitas penelitian tersebut tentunya harus memiliki manfaat untuk masyarakat. “Kami memiliki fasilitas penelitian yang secara gratis bisa digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat untuk melakukan penelitian yang bermanfaat untuk mereka,” ungkap Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, pada Selasa (25/9) di Lampung Tengah.

Handoko menjelaskan, LIPI siap menambah fasilitas penelitian apabila memang benar-benar diperlukan masyarakat. Selain itu, LIPI juga terus mengembangkan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan universitas untuk membangun daerah. “Kita berharap mahasiswa di Lampung bisa ikut melakukan penelitian di Balai Pengembangan Teknologi Mineral (BPTM) LIPI di Lampung agar bisa membantu menemukan potensi daerah contohnya seperti pengrajin souvenir dan oleh-oleh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPTM LIPI, Driszal Fryantoni mengatakan, BPTM LIPI berupaya untuk membuka diri untuk membuat masyarakat datang dan kerkunjung melihat langsung proses riset mineral. “BPTM secara rutin menyelenggarakan Pekan Teknologi Mineral sebagai cara memperkenalkan hasil penelitian kami terkait pengolahan mineral berbasis teknologi. Sebagai contoh kami sudah melakukan pembinaan UMKM dibidang pengelolaan alumunium menjadi ornament sehingga memiliki nilai tinggi,” ungkap Driszal.

Ia berharap, kegiatan pembinaan UMKM yang berada disekitar Lampung Selatan adalah modal awal untuk lampung selatan. “Kami berharap bisa memberi manfaat untuk pembangunan Lampung Selatan khususnya  dalam bidang iptek,” pungkasnya.(lyr)

Sumber : Biro Kerjasama, Hukum dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Yani Ruhyani
Diakses : 513