LIPI Dekatkan Hasil Penelitian ke Masyarakat Banyumas

 
 
Kabupaten Banyumas, Humas LIPI. Upaya untuk mendekatkan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat luas dan juga stakeholder terkait terus dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Salah satunya adalah melalui kegiatan diseminasi iptek yang diselenggarakan di Kecamatan Purwokero Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah belum lama ini.
 
Di Purwokerto Utara, LIPI melalui kegiatan diseminasi iptek berbagi ilmu pengetahuan tentang teknologi budidaya Kelengkeng, budidaya tanaman Pala, dan teknologi pengolahan pupuk organik BIOPOSKA. Selain itu, lembaga riset ini juga membagikan 2.000 pohon Kelengkeng dan Pala hasil penelitian LIPI kepala masyarakat.
 
Diseminasi iptek kali ini bertemakan “Pemanfaatan dan Penerapan Iptek untuk Daerah”. Mego Pinandito, Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan diseminasi iptek tersebut adalah mengenal teknologi LIPI kepada masyarakat awam dengan cara yang sederhana dan mudah diserap oleh masyarakat, walaupun teknologi yang dikenalkan termasuk teknologi tinggi.
 
“Intinya Ibu/Bapak bisa memanfaatkan hal-hal penting untuk memajukan daerahnya dan hasil-hasil penelitian LIPI bisa dimanfaatkan dan disampaikan kepada gabungan kelompok pertanian (gapoktan) dan juga masyarakat yang membutuhkan di daerah ini,” ujar Mego di sela-sela kegiatan diseminasi iptek, Jumat (23/2/2018).
 
Camat Purwokerto Utara, Pamuji, menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada LIPI atas kedatangannya di wilayah yang dipimpinnya. “Sebagian besar masyarakat Purwokerto Utara bermata pencaharian pertanian, tepat sekali kehadiran LIPI di Purwokerto Utara untuk berbagi ilmu, khususnya bagaimana membudidayakan pohon kelengkeng, pohon pala, dan pengolahan pupuk organik BIOPOSKA,” tutur Pamuji.
 
Kegiatan diseminasi iptek ini sendiri juga menghadirkan Anggota Komisi VII DPR RI, Dito Ganinduto. Dito berharap dengan kehadiran LIPI di Purwokerto Utara, LIPI dan Komisi VII DPR RI mampu memberikan tambahan ilmu pengetahuan guna mengoptimalkan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat. (dnh/ed: pwd)

 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Mego Pinandito M.Eng.