LIPI Diseminasikan Pembuatan POH dan Teknologi Budidaya Udang Windu di Wajo, Sulsel

 
 
Kabupaten Wajo, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar diseminasi iptek di Sengkang, Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu (11/8/2018). Dalam kegiatan diseminasi bertema “Pemanfaatan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Daerah” ini, LIPI berbagi pengetahuan tentang pembuatan pupuk organik hayati (POH) dan teknologi budidaya udang windu.
 
“LIPI selain mengembangkan iptek melalui kegiatan penelitian, juga menerapkan langsung hasil penelitiannya kepada masyarakat. Dan penerapan tersebut, salah satunya lewat diseminasi iptek yang ditujukan langsung ke masyarakat seperti di Wajo ini,” ujar Inspektur LIPI, Hiskia Sirait yang hadir mewakili pimpinan LIPI.
 
Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris menyebutkan,  LIPI selama ini sudah terbukti menghasilkan berbagai teknologi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. “Dengan teknologi yang dikenalkan LIPI, kami berharap akan meningkatkan hasil produk lokal Wajo sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.
 
Sekedar diketahui, kegiatan diseminasi iptek di Wajo terbagi di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Sengkang dan Kecamatan Takalla. Untuk diseminasi iptek di Sengkang, kegiatan itu dilaksanakan di Auditorium Kampus STIP Puangrimaggalatung, Sengkang. Peserta terdiri dari kelompok wanita tani dan kalangan akademisi (mahasiswa dan dosen pertanian). Di kegiatan ini, para peserta mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan POH LIPI.



Sedangkan kegiatan diseminasi di Takalla, dipusatkan di Desa Soro dengan pembekalan pengetahuan tentang cara membudidayakan udang windu dan produk olahannya. Dalam kesempatan itu, para peserta diseminasi juga mendapatkan bantuan berupa bibit udang windu sebanyak 150.000 ekor. (jkw/ed:pwd)
 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Hiskia