LIPI Diseminasikan Teknologi Pertanian Di Pekalongan dan Pemalang

 
 
Bisnis.com, SEMARANG Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mendiseminasikan hasil riset teknologi tepat guna di bidang pertanian ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Tengah.

LIPI berharp keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya melalui diseminasi hasil riset teknologi agar bisa teraplikasi dan mengangkat perekonomian wilayah.

"Kami mencoba berperan memberi solusi atas masalah aktual dan strategis di masyarakat, " kata Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Prof Bambang Subiyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (28/7/2015).

Kegiatan diseminasi hasil riset tepat guna, antara lain akan dilaksanakan di Pekalongan dan Pemalang, Jateng, pada 29-30 Juli 2015 dengan tema Optimalisasi Iptek untuk Pengembangan Potensi Daerah .

Pada kegiatan diseminasi yang dilakukan di Desa Moga (Kabupaten Pemalang), Desa Gejilig (Kabupaten Pekalongan), dan Kota Pekalongan itu, akan dipaparkan teknologi pascapanen untuk singkong, pisang, dan nanas.

Selain itu, penggemukan ternak ayam, jati platinum, serta pupuk organik hayati Beyonic juga akan dipaparkan pada kegiatan diseminasi hasil riset teknologi tepat guna yang dilakukan LIPI.

"Kami melihat potensi pembangunan bidang pangan di Pekalongan dan Pemalang cukup besar dikembangkan untuk menaikkan taraf hidup masyarakat setempat, " katanya.

Ia mengatakan kendala utama sektor industri pertanian adalah kurangnya teknologi pascapanen sehingga diseminasi itu akan memperkenalkan mulai peningkatan produktivitas, diversifikasi produk, hingga teknologi pascapanen.

Diseminasi hasil riset teknologi tepat guna akan menjadi salah satu landasan pemerintah daerah untuk memberikan masukan dan langkah-langkah dalam penyusunan kebijakan ke depan.

Ia berharap, siklus pengembangan dan pemanfaatan hasil riset akan semakin meningkatkan kemampuan teknologi nasional secara signifikan bersamaan dengan peningkatan daya saing ekonomi.

Pada kesempatan sama, LIPI juga berpartisipasi dalam Pameran Inovasi dan Kreativitas Pembangunan Pekalongan yang digelar di Kawasan Budaya Jetayu, Kota Pekalongan, pada 30 Juli sampai 1 Agustus 2015.

Berbagai produk, seperti teknologi kultur jaringan untuk singkong dan talas, tepung mocaf berkaroten tinggi, benih padi gogo unggul, dan produk pangan unggul siap saji akan ditampilkan LIPI pada pameran itu.
Sumber : Bisnis.com, 28 Juli 2015

Sivitas Terkait : Bambang Subiyanto

Diakses : 1795