LIPI Gelar Science Art Competition dan Seminar Peneliti Inspiratif

 
 
Meningkatkan ketertarikan pada sains harus mulai dipupuk sejak dini. Pengenalan IPTEK seyogyanya diberikan dengan cara yang lebih menarik, atraktif dan mudah dipahami. Untuk itu, LIPI bekerjasama dengan Japan Institute of Invention and Innovation (JII) mengadakan lomba menggambar bagi anak-anak dan remaja dengan tema Science of Tommorow pada Indonesia Science Expo (ISE) 2015. LIPI juga menggelar Seminar Peneliti Inspiratif, Seminar Robotik dan pemutaran film yang diselenggarakan Sabtu-Minggu, 10 - 11 Oktober 2015 di LIPI Jakarta.

Jakarta, 10 Oktober 2015. Dalam rangkaian kegiatan ISE 2015, LIPI menyelenggarakan Lomba Menggambar dengan tema Science of Tommorow. Adapun peserta dari kompetisi ini adalah siswa TK-SMP yang berdomisili di Jabodetabek. Tujuan kompetisi ini adalah agar mereka menyukai sains dan hasil karya pemenang akan dikirimkan ke JII, di Jepang dan akan diunggah ke situs The Art Gallery JII, jelas Kepala Biro Kerjasama, Hukum, dan Humas (BKHH) LIPI, Nur Tri Aries. Lomba menggambar ini akan diadakan di gedung PDII lantai.2, LIPI Jakarta, Minggu, 11 Oktober 2015, pukul 09.00 11.00 WIB.

LIPI juga menyelenggarakan Seminar Peneliti Inspiratif dengan salah narasumbernya yaitu Dr. Ratih Pangestuti, pemenang LIPI Young Science Awards (LYSA) dan pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR), Luca Cada Lora. Mereka akan berbagi cerita bahwa menyukai sains tidak berarti kuper tetapi justru gaul, kata Nur. Seminar inspiratif ini diadakan di Widya Graha Lantai.1, LIPI Jakarta, Minggu, 11 Oktober 2015, pukul. 10.00 12.00 WIB.

Nur menambahkan, LIPI juga menyelenggarakan workshop Robotik yang bekerjasama dengan Intel dimana peserta akan mendapatkan panduan dan simulasi dasar pembuatan robot. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Sabtu, 10 Oktober 2015 di Widya Graha Lantai. 5, LIPI Jakarta, pukul. 13.00-15.00 WIB. Pada kegiatan ini peserta dapat menyaksikan bagaimana merakit dan merancang robot sederhana, jelasnya.

Di hari yang sama, LIPI juga akan menggelar pemutaran film dokumentasi hasil-hasil riset unggulan LIPI seperti tentang penelitian bahasa yang nyaris punah, ekspedisi Bioresources Pulau Enggano dan Ekspedisi Samudra Hindia menggunakan kapal Baruna Jaya VII. Pemutaran film ini berisi visualisasi perjalanan riset dan temuan menarik keindahan potensi alam Indonesia, ungkap Nur. Adapun tempat pemutaran film ini di Widya Graha Lantai. 6, Sabtu, 10 Oktober 2015, pukul. 13.00 15.00 WIB.

Lebih lanjut Nur berharap bahwa berbagai workshop, simulasi sains dan lomba pada Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) dan ISE akan mampu mendorong minat masyarakat termasuk anak-anak untuk menyukai IPTEK. Oleh karena itu, kami mengundang keluarga, mahasiswa, pelajar, pebisnis dan seluruh elemn masyarakat untuk hadir menyaksikan eksibisi hasil penelitian dan berbagai kegiatan Iptek yang menarik pada ISE 2015, tutup Nur.

Note/Undangan: Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk menghadiri Indonesia Science Expo (ISE) 2015 pada Sabtu-Minggu, 10 - 11 Oktober 2015 di LIPI, JL. Jenderal Gatot Subroto Kav. 10, Jakarta, pukul 09.00 18.00 WIB

Diakses : 2257