LIPI Jadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai Momentum Membangun Bangsa

 
 
Jakarta, Humas LIPI.Segenap sivitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Senin (1/10) di Lapangan LIPI Pusat Jakarta. Bertindak sebagai pembina upacara adalah  Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko. Dalam kesempatan tersebut, Handoko menjelaskan tema peringatan hari Kesaktian Pancasila pada tahun ini adalah “Pancasila sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”. “Tema itu mengingatkan segenap sivitas LIPI untuk giat kerja bersama membangun bangsa seperti yang digaungkan Presiden Joko Widodo dengan berlandaskan semangat Pancasila,” ujar Handoko.

Menurut Handoko, etos kerja bersama harus dimiliki oleh setiap sivitas LIPI. “Semangat kerja bersama itu harus terwujud dalam pola pikir dan budaya kerja seluruh sivitas untuk menguatkan posisi LIPI sehingga betul-betul mampu berperan memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa,” ujarnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menurut Handoko adalah momentum untuk memperteguh jiwa Pancasila serta membentengi diri dari hal-hal yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. “Kita belajar banyak dari sejarah, kedepannya mari bersama-sama menangkal radikalisme dan menatap masa depan dengan berpedoman pada kesaktian Pancasila,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Handoko juga menyampaikan beberapa capaian LIPI. LIPI baru saja menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk laporan keuangan lima tahun berturut-turut. Selain itu, inovasi  INTIP DAQU ata Information Tracer of Intellectual Property and Document Accountability Inquiry berhasil menerima Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dari kementerian PANRB lewat Inovasi yang berhasil menyisihkan 2834 proposal. “Saya berharap  prestasi tersebut dapat terulang secara konsisten di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya. (win/ed: fza, dig)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 318