LIPI Jadikan Momentum Hari Pahlawan sebagai Pendorong Penyelesaian Masalah Bangsa

 
 
Jakarta, Humas LIPI.  Peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November tahun ini mengambil tema “Semangat Pahlawan di Dadaku”. “Tema ini kiranya bukan hanya menjadi slogan semata, namun yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Tri Nuke Pudjiastuti dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan pada Senin (12/11) di Jakarta. Menurut Nuke, semangat kepahlawanan harus mampu menjadi kekuatan bersama  dan menjadi daya dorong dalam rangka menyelesaikan masalah kebangsaan. 

Menurut Tri Nuke, Semangat dan perjuangan kepahlawanan sudah sepatutnya menginspirasi dan mengingatkan bangsa Indonesia secara bertahap harus dapat membangun kemandirian. “Penguasaan dan penguatan iptek adalah kunci kemandirian.  Itu dapat diraih dengan memposisikan aktivitas penelitian, pengembangan dan pemanfaatan iptek sebagai unsur utama dalam pembangunan bangsa,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tri Nuke kembali menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo kepada peneliti saat membuka Indonesia Science Expo 2018 yang digelar pada 1-4 November lalu. “Presiden meminta agar LIPI mampu merespon dinamika perkembangan dunia yang semakin cepat. Respon atas perubahan ini tidak bisa dilakukan oleh lembaga lain kecuali lembaga penelitian,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi komitmen segenap jajaran LIPI untuk menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik di semua lini. “LIPI berhasil meraih kualifikasi Menuju Informatif dalam Monitoring dan Evalusasi Keterbukaan Informasi Badan Publik dari Komisi Informasi Pusat RI. LIPI juga mendapatkan penghargaan National Procurement Award dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah untuk Kategori Komitmen 100% E-Procurement.

LIPI juga telah memberikan bantuan donasi kepada korban bencana tsunami dan gempa di Palu dan Donggala sebesar dua ratus juta rupiah melalui Baznas. “Saya berharap agar  segenap sivitas  LIPI bersatu padu menghimpun kekuatan dan senantiasa bersemangat dalam bekerja dan berkarya,” tutupnya. (dnh/ed: fza) 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Tri Nuke Pudjiastuti M.A.
Diakses : 186