LIPI Jajaki Kerja Sama dengan Iran

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI), Laksana Tri Handoko, menerima kedatangan Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia pada Senin (15/11). Pertemuan tersebut digelar untuk membahas rencana kerja sama antara LIPI dan Iran terkait sains dan teknologi. Adapun delegasi yang mewakili Kedutaan Besar Republik Islam Iran adalah H.E Ayatolla Alireza A’rafi, selaku Duta Besar Republik Islam Iran di Jakarta, Mahdi Ronaugh selaku Kepala Deputi Kedutaan Besar Republik Islam Iran, dan Mehrdad Rakhshandeh selaku Cultural Counselour.
 
Pada diskusi tersebut, Handoko membuka pintu seluas-luasnya untuk kerjasama antar LIPI dan Iran. “Sebagai lembaga sains dan penelitian di Indonesia, LIPI dengan senang hati membuka kerjasama dengan banyak pihak dalam semua aspek. Terlebih lagi Indonesia dan Iran memiliki banyak kesamaan dalam segi sosial,” ujar Handoko.

Saat ini LIPI belum memiliki kerja sama ataupun aktivitas riset dengan Pemerintah Iran. Namun LIPI telah memiliki inisiasi kerja sama dengan pihak Iran. Di antaranya adalah MoU kerja sama dalam bidang bioteknologi tumbuhan, hewan, dan kelautan pada 2019, kerja sama Puslit Elektronika dan Telekomunikasi LIPI dengan Imam Khomeini University dalam bidang promotion microwave dan radar technology.
 
Ke depannya diharapkan LIPI dan Iran dapat melakukan kerjasama dalam bidang sains dan teknologi. Kolaborasi tersebut juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara Indonesia dan Iran. (sr/ed:fz)

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 3689