LIPI: Jakarta Berpotensi Tenggelam

 
 

Direktur Center for Interdiciplinary and Advanced Research (ICIAR) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jan Sopaheluwakan mengatakan salah satu masalah Jakarta adalah menurunnya kualitas lingkungan. Selain itu Jakarta benar-benar harus berhadapan dengan masalah yang berkaitan dengan kerawanan sosial, resiko bencana, krisis dan perubahan iklim.

Bahkan bisa saja sebagian wilayah ibukota tenggelam, jika tak segera diantipasi. "Menurunnya permukaan tanah Jakarta, banjir, merupakan salah satu dari kontribusi tidak terintegrasinya pembangunan Jakarta, " kata Jan Sopaheluwakan dalam rilisnya, Jumat (13/7).

Para ahli di Center for ICIAR LIPI dan Institute for Environment and Human Security - United Nation University (UNU-EHS), akan mengadakan pertemuan untuk mencari model dan roadmap pembangunan di kawasan yang menghubungkan daerah perkotaan dan pesisir dalam beberapa hari mendatang.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa keprihatinan mengenai berbagai kerusakan di Jakarta sudah menjadi perhatian masyarakat, " tambahnya. Jan Sopaheluwakan menyatakan Jakarta harus dapat memenuhi empat syarat, yakni keadilan terhadap lingkungan dan sosial, pemenuhan akan kebutuhan pangan, air, dan energi, adanya konstruksi sosial dan ekonomi yang sehat dan terakhir, adalah pembenahan tata ruang.

Jan menekankan bahwa permasalahan ini dapat berpotensi lebih buruk, misalnya menurunnya permukaan tanah Jakarta akibat banyaknya bangunan serta penyedotan air tanah yang berlebihan. Akibat terburuk adalah dapat menenggelamkan ibukota negara ini.
Sumber : beritabatavia.com, 13 Juli 2012

Sivitas Terkait : Jan Sopaheluwakan

Diakses : 1072