LIPI Kembali Raih Penghargaan di TOP DIGITAL Awards 2020

 
 
Jakarta, Humas LIPI.  Dalam perhelatan tahunan TOP DIGITAL Awards 2020 pada Selasa (22/12), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali meraih dua penghargaan. Dua penghargaan tersebut adalah TOP Leader on Digital Implementation 2020 yang diberikan kepada Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dan TOP DIGITAL Implementation 2020 on Institution Sector #Level Stars 4.

Melalui penghargaan ini, LIPI dinilai telah dengan baik berhasil menjalankan tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi, implementasi teknologi digital, dan infrastruktur teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menyatakan LIPI telah berupaya dengan konsisten menerapkan perkembangan teknologi informasi dalam setiap lini proses bisnis, baik internal maupun layanan publik sejak 2003.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya dan konsistensi LIPI mengimplementasikan proses bisnisnya secara elektronik. Berbagai upaya dan pionir di implementasi teknologi informasi ini de-facto telah menjadikan LIPI sebagai benchmark bagi berbagai institusi lain,” terang Handoko.

Handoko menyampaikan penerapan perkembangan teknologi informasi dalam setiap proses bisnis LIPI, antara lain pada sistem penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) online yang secara penuh bahkan telah dijalankan oleh LIPI sejak 2005. Ada pula fasilitas komputasi berkinerja tinggi (http://HPC.lipi.go.id) yang merupakan fasilitas komputasi publik dan telah dirintis sejak 2009. Demikian juga halnya dengan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) sudah dilaksanakan jauh sebelum pencanangan SPBE. Selain itu, inovasi terkini seperti Repositori Ilmiah Nasional (RIN, http://run.lipi.go.id), dan integrasi layanan infrastruktur riset melalui eLSA (layanan sains elektronik, http://elsa.lipi.go.id) juga merupakan pionir tidak hanya di level nasional, tetapi juga global.

“Rekam jejak panjang ini sangat membantu LIPI saat pandemi dimana banyak hal harus dilakukan secara virtual. Sehingga tidak mengherankan bila LIPI siap menghadapi era virtual penuh dan sistem kerja flexible space and flexible time yang sudah ditetapkan bahkan sebelum pandemi,” ujar Handoko.

TOP DIGITAL Awards sendiri adalah kegiatan penghargaan tahunan di bidang teknologi informasi, Telco, dan teknologi digital yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia. Penilaian dan penentuan pemenang dilakukan berdasarkan wawancara penjurian & pengisian kuisioner. Selain itu, keputusan penentuan pemenang dilakukan secara obyektif dan independen dalam Sidang Pleno Dewan Juri kredibel yang diketuai oleh Kalamullah Ramli, Dewan Pengawas Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO).

Menurut pernyataan Ketua Penyelenggara TOP DIGITAL Awards, Lutfi Handayani, keberhasilan dalam meraih penghargaan TOP DIGITAL Awards merupakan pencapaian yang luar biasa. “Karena menunjukkan bahwa manajemen perusahaan telah mengelola bisnisnya secara modern, profesional, dan lebih terpercaya dengan mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih,” ungkapnya secara tertulis. (iz)

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 728