LIPI Kembangkan Techno Park di NTB

 
 
REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi menyambut baik model kawasan Techno Park yang sedang dikembangkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di provinsi ini.

"Saya sangat mengapresiasi pengembangan Techno Park ini karena Nusa Tenggara Barat butuh inovasi, intervensi, dan ilmu pengetahuan dalam sektor-sektor yang menjadi potensi kami di sini, " kata gubernur saat menerima kunjungan Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain, Jumat (24/4).

Zainul berharap program terobosan Techno Park tersebut dapat segera ditindaklanjuti dan dikembangkan oleh LIPI di NTB. Apresiasi juga diberikan Zainul kepada LIPI karena telah turut mendukung pembangunan di daerah itu.

Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain menyampaikan, Techno Park adalah konsep pengembangan sebuah kawasan yang menjadi tempat pelatihan dan pendidikan para teknisi di bidang teknologi, mesin, dan sejenisnya.

"Kawasan ini juga memuat lembaga riset-riset dan pengembangan, termasuk pusat pengembangan bisnis, " ujarnya.

Saat ini, LIPI sedang mengembangkan tujuh kawasan Techno Park di seluruh Indonesia. Untuk NTB, pengembangan kawasan Techno Park ada di Desa Banyumulek, Lombok Barat dan Teluk Kodeq di Lombok Utara.

"Khusus di Banyumulek, Lombok Barat, merupakan gabungan terobosan Techno Park dan Science Park yang biasa disebut Bio Resources. Ini sangat membanggakan, " katanya.
Sumber : Republika.co.id, 25 April 2015

Sivitas Terkait : Iskandar Zulkarnain

Diakses : 1958