LIPI PT INKA Persero Jalin Kerjasama Aplikasi Hasil Riset Perkeretaapian

 
 
(Madiun, 12 November 2013 - Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT. Industri Kereta Api (INKA) Persero, Kamis (7/11) lalu, di Ruang Rapat Besar PT. INKA Persero Madiun, Jawa Timur. Kedua belah pihak menjalin kerja sama dalam pengaplikasian hasil riset LIPI untuk industri kereta api di Indonesia.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim, M.Sc dengan Direktur Utama PT INKA Persero, Ir. R. Agus H. Purnomo. Dalam acara tersebut, tampak hadir pula Dr. Djusman Sajuti, Wakil Kepala LIPI dan sejumlah Komisaris serta Pejabat Struktural dilingkungan PT. INKA Persero.

Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim dalam sambutannya menjelaskan hasil-hasil penelitian LIPI yang dapat dimanfaatkan oleh PT. INKA Persero dalam pengembangan perkeretaapian Indonesia. Penelitian tersebut, seperti baja unggul berbasis mineral laterit Indonesia yang diaplikasikan untuk bogie atau chasis kereta maupun rel kereta. Kawat superkonduktor dalam bentuk kumparan magnet berpotensi sebagai prasarana kereta magnectic levitation atau kereta maglev yang super cepat dan bebas friksi. Sedangkan, material komposit logam dapat dimanfaatkan sebagai komponen dan karoseri kereta.

Dikatakan Lukman, LIPI sebagai lembaga penelitian berharap agar hasil-hasil penelitian berupa produk yang telah teruji kualitasnya dan kehandalannya dapat dimanfaatkan oleh industri dalam negeri. Salah satunya adalah pemanfaatan oleh PT. INKA Persero, imbuhnya.

Sementara itu, Direktur PT. INKA Persero, Ir. R. Agus H. Purnomo, dalam kesempatan tersebut memaparkan hal-hal terkait perkembangan perkeretaapian di Indonesia. PT INKA Persero, pada saat ini sedang mengembangkan Kereta Monorel People Mover (KMPM) untuk kawasan Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan rencananya juga di Kawasan Puspiptek Serpong. Disamping itu, PT INKA Persero juga sedang mengembangkan Container Autometic. Ini merupakan satu-satunya Container Automatic di dunia, pungkasnya. (sp)
Sumber : Humas LIPI

Diakses : 2463