LIPI Perkenalkan Teknologi Rendang Kemasan Kaleng di Kunker DPR di Sumbar

 
 
Padang, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperkenalkan teknologi rendang kemasan kaleng kepada masyarakat Padang, Sumatera Barat. Pengenalan teknologi ini dilakukan tatkala LIPI mengikuti kunjungan kerja (kunker) Komisi VII DPR RI ke Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada 19-20 Februari 2018 lalu.
 
Sekedar diketahui, rending kaleng merupakan pengembangan dari teknologi kemasan makanan kaleng dari Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI di Yogyakarta. Teknologi ini mampu mengawetkan makanan hingga jangka waktu yang lama (bisa satu tahun). Teknologi ini juga digunakan untuk mengemas makanan lain, seperti gudeg, mangut lele, dan juga sayur lombok ijo.
 
Dalam pengenalan teknologi rendang kemasan kaleng, LIPI secara simbolik menyerahkanya kepada Anggota Komisi VII DPR RI dan juga Gubernur Pemprov Sumbar. Dalam kesempatan tersebut, LIPI diwakili oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI, Zainal Arifin.
 
Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, yang juga memimpin rombongan kunker kali ini mengatakan bahwa pengenalan riset dan teknologi adalah bagian penting dalam pengembangan potensi daerah. Potensi daerah bisa dikembangkan melalui penyerapan teknologi, seperti kunker saat ini.
 
Di kegiatan ini, rombongan Komisi VII DPR RI juga berkesempatan untuk mengenal teknologi terkait pengelolaan energi, sumber daya mineral, serta lingkungan. Utamanya adalah mendapat informasi dan melihat langsung perkembangan sektor energi dan sumber daya mineral. Kemudian, mengetahui lebih dalam tentang persoalan yang dihadapi Sumbar di sektor tersebut dan mencari solusinya bersama.
 
Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengharapkan kunker DPR itu dapat memberikan masukan berharga bagi perbaikan pengelolaan pemerintahan dan juga program-program pembangunan pemerintah pusat agar lebih bersinergi dengan daerah. Di sisi lain, Irwan pun menyambut baik kunker ini karena membawa teknologi yang bermanfaat bagi pengawetan rendang sehingga daya tahan semakin lama dan menambah nilai ekonominya.
 
Selain melakukan pertemuan dengan jajaran pemerintah daerah setempat, kunker Komisi VII DPR RI juga melakukan beberapa kunjungan lapangan. Kunjungan itu antara lain ke PT Pertamina di Sumbar, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Sirih dan melakukan pertemuan dengan Direksi PT PLN (Persero) setempat. (yus/ed: pwd,dig)



 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Ir. Zainal Arifin M.Sc.