LIPI Ragukan Lulusan Perguruan Tinggi Ingin Menjadi Petani

 
 
MajalahKartini.co.id - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan akan memberikan alat mesin pertanian (alsintan) modern untuk menarik minat generasi muda menjadi petani. Selain itu dirinya telah merekrut mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk terjun ke sawah.

Menanggapi hal ini, Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) YB Widodo membenarkan pernyataan Mentan tersebut. Berdasarkan pantauan tim penelitinya, saat ini ada beberapa lulusan perguruan tinggi yang terjun ke sawah agar petani muda mengikuti aksinya.

"Justru yang melakukan bertani itu lulusan perguruan tinggi. Dia terpanggil untuk ke desa agar melakukan pertanian tapi ini upaya khusus. Maksud dia agar petani muda bisa lanjutkan ikut bertani disitu, " ujar Widodo saat ditemui di Kantor LIPI, Jakarta.

Widodo mengatakan, perguruan tinggi terutama jurusan pertanian mahasiswanya berkurang. "Saat ini misalnya lulusan IPB tidak terjun ke pertanian toh. Mereka terjun ke perusahaan dan bank, " ujaranya.

Disisi lain, berdasarkan pantauan tim penelitinya, kegiatan masyarakat di desa saat ini justru lebih banyak diluar kegiatan pertanian. Dia menyoroti petani muda saat ini banyak yang lebih fokus pada kegiatan sampingannya seperti berdagang.

"Desa yang kami datangi justru kegiatan diluar lebih anu diluar pertanian lebih hidup. Petani muda jualan berbagai macam barang, ya walaupun tinggal di desa, " jelasnya. (Foto: Rijal Ilyas)
Sumber : Majalah Kartini, 3 Oktober 2015

Sivitas Terkait : Yohanes Bosco Widodo

Diakses : 288