LIPI Selenggarakan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) dan Indonesia Science Expo (ISE)

 
 
Sebagai momentum bagi ilmuwan Indonesia untuk menyumbangkan buah pikirannya dalam era globalisasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali menyelenggarakan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) XI pada Kamis (8/10) hingga Jum at (9/10) mendatang. Selain itu, untuk menggugah pemahaman masyarakat akan pentingnya peran edukasi, riset, teknologi dan inovasi dalam pembangunan bangsa juga akan diselenggarakan Indonesia Science Expo (ISE). Kedua kegiatan tersebut akan dilakukan di Kampus LIPI Gatot Subroto, Jl. Jendral Gatot Subroto 10, Jakarta Selatan.

Jakarta, 7 Oktober 2015. KIPNAS merupakan forum pertemuan para ilmuwan Indonesia untuk mendiskusikan khasanah kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia, serta peran sertanya dalam membangun peradaban bangsa. Penyelenggaraan KIPNAS digagas sebagai wadah bertukar pikiran para ilmuwan untuk memecahkan permasalahan bangsa melalui sains , jelas Kepala LIPI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain.

Dengan tema Signifikansi dan Kontribusi Ilmu Pengetahuan bagi Indonesia Sejahtera , KIPNAS diharapkan dapat memecahkan isu-isu strategis abad 21 melalui pendekatan ilmu pengetahuan yang integratif, kooperatif dan lintas disiplin. Bersamaan dengan pembukaan KIPNAS pada Kamis (8/10), akan diberikan penghargaan LIPI Young Scientist Award dan Peneliti Remaja Berprestasi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Hadir memberikan sambutan dan arahan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. M. Nasir Ph.D; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Rizal Ramli (dalam konfirmasi); Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc,; Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K). Sebagai pembicara kunci President of National Graduate Institute for Policy Studies, Jepang, Prof. Dr. Takashi Shiraishi; Prof. Dr. Atta ur Rahman dari University of Karachi, Pakistan; dan President of the World Federation for Culture Collection, Dr. Philippe Desmeth.

KIPNAS pertama kali diselenggarakan pada tahun 1958 di Malang. Pada waktu penyelenggaraan KIPNAS III (1981) LIPI diberi kepercayaan sebagai penyelenggara. Sesuai dengan dinamika serta kemajuan pemikiran perkembangan ilmu pengetahuan, mulai KIPNAS -IV sampai dengan KIPNAS X (2011), dalam penyelenggaraannya LIPI bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Iskandar menjelaskan, KIPNAS kali ini akan merumuskan landasan kebijakan pembangunan iptek nasional melalui empat komisi yakni Ilmu Pengetahuan Alam dan Maritim, Ilmu Pengetahuan Tehnik, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, serta Kesehatan dan Obat. Keempat bidang tadi akan yang bersinergi untuk menghasilkan rumusan yang implementatif sebagai masukan kebijakan pemerintah terang Iskandar.

Menurut Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik Dr. L.T. Handoko, Indonesia saat ini dihadapkan pada tantangan di era globalisasi dan kawasan pasar bebas ASEAN. KIPNAS juga akan melihat posisi pembangunan iptek Indonesia saat ini dan upaya mengejar ketertinggalan dengan negara lain, papar Handoko. Dirinya juga menambahkan keluaran KIPNAS akan bersinergi dengan kebijakan pemerintah khususnya pada program Nawacita.

KIPNAS ini juga akan diisi dengan pemberian penghargaan remaja berprestasi internasional dan LIPI Young Scientist Award. Sedangkan ISE akan menampilkan hasil-hasil riset LIPI, kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi, serta industri yang diisi dengan berbagai kegiatan pendukung. Beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan diantaranya Workshop Indonesia Jepang: Lesson Learned from Japan pada Kamis (8/10); Bedah Buku Sistem Pembiayaan Nelayan pada Jum at (9/10); dan Talkshow Peneliti Inspiratif yang menghadirkan Dr. Suharyo Sumowidagdo, peneliti riset Partikel Tuhan yang kini dan aktif di Pusat Penelitian Informatika LIPI, dan Luca Cada Lora, pemenang 4th Place Grand Award The Intel International Science and Engineering Fair di Amerika Serikat, pada Minggu (11/10).

Keterangan Lebih Lanjut:
-Dr. Laksana Tri Handoko (Deputi IPT LIPI)
-Nur Tri Aries Suestiningtyas, M.A (Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)

Note/Undangan:
Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk menghadiri Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional XI pada Kamis, 8 Oktober 2015 di Auditorium LIPI, Jl. Gatot Subroto Kav. 10, Jakarta, pukul 08.30 WIB s.d. selesai.

Penulis: BKHH, lyr
Editor: faz/isr

Siaran Pers ini dibuat oleh Humas LIPI

Sivitas Terkait : Laksana Tri Handoko

Diakses : 1499