LIPI Selenggarakan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional XI

 
 
KBRN, Bogor : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menyelenggarakan Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) XI pada tanggal 8-9 Oktober 2015, di Jakarta.

Ketua Tim Ilmiah KIPNAS XI, Prof. Dr. Lukman hakim mengatakan KIPNAS merupakan forum tertinggi kaum Ilmuawan yang menyuarakan perkembangan ilmu pengetahuan serta tantangan yang dihadapi untuk meningkatkan sumbangsih Imuawan bagi perjalanan bangsa.

Tiga hari pertemuan diharapkan melahirkan rekomendasi yang disampaikan kepada pemerintah, Industri dan juga kepada masyarakat, kata Lukman Hakim, Jumat (18/9/2015) di Bogor.

Indonesia tidak mungkin maju ke depan dalam menghadapi tantangan zaman, tanpa ilmuawan diberdayakan dan ditambah jumlahnya.

Menurut Lukman Hakim, sudah banyak sumbangan ilmuawan Indonesia dalam berbagai bidang seperti iklim, cuaca dan pangan.

Secara individu Ilmuawan Indonesia tidak kalah dengan ilmuawan asing, dan menuntut pemerintah memberi perhatian dalam membangkitkan kemampuan bangsa melalui pengembangan iptek.

Dijadwalkan Presiden Joko Widodo akan membuka KIPNAS XI dengan menghadirkan pembicara kunci diantaranya menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi, Prof Dr M Nasir, Prof Dr Atta ur Rahman dari university of Karachi, Pakistan.

KIPNAS pertama kali diselenggarakan pada tahun 1958 di Malang. Kali ini temanya adalah Signifikasi dan Kontribusi Ilmu Pengetahuan bagi Indonesia Sejahtera .

Bersamaan dengan penyelenggaraan KIPNAS juga digelar Indonesia Science Expo yang berlangsung dari tanggal 8-11 Oktober 2015, menampilkan hasil-hasil riset LIPI, Kementerian dan Lembaga Negara, Perguruan Tinggi, Industri dan ekspose produk riset unggulan LIPI serta temu bisnis. (AA/HF)
Sumber : RRI.co.id, 18 September 2015

Sivitas Terkait : Lukman Hakim

Diakses : 1280