LIPI Serentak Selenggarakan Tes Wawancara CPNS

 
 
(Jakarta, 11 November 2013 Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) secara serentak menyelenggarakan tes wawancara Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bertempat di LIPI pusat, Jl. Gatot Subroto Jakarta, Rabu-Kamis (6-7/11) lalu.

Pada penerimaan CPNS LIPI tahun ini, jumlah peserta yang tercatat memenuhi persyaratan untuk mengikuti ujian wawancara sebanyak 1.022 orang dari total 38.004 pelamar.

Mereka terseleksi setelah mengikuti tahapan verifikasi berkas, Ujian Tes Kemampuan Dasar dengan Computer Assisted Test (TKD CAT), dan tes psikotes. Dari komposisi gender, peserta yang dipanggil untuk psikotes dan wawancara 55.1 persen adalah perempuan dan 44.9 persen pria. Sedangkan yang lulus TKD, 65.4 persen wanita dan 34,6 persen pria.

Sementara, jumlah formasi pegawai yang dibutuhkan oleh LIPI hanya sebanyak 250 orang dengan komposisi 190 untuk peneliti dan 60 untuk non peneliti.

"Yang terpenting dari proses rekruitmen ini adalah komitmen dan loyalitas dari pelamar terpilih untuk benar-benar mengabdikan dirinya di LIPI, ujar Prof. Dr. Lukman Hakim, Kepala LIPI dalam sambutannya pada Sosialisasi Pedoman Wawancara Pengadaan CPNS LIPI dari Pelamar Umum 2013 di Jakarta, Senin (4/11) lalu. Hal tersebut untuk menghindari LIPI menjadi batu loncatan setelah mereka diterima bekerja.

Tes wawancara ini merupakan kesempatan untuk menunjukan kemampuan dan kompetensi pelamar, ucap Lukman seraya berharap bahwa target 1.500 peneliti akan dapat tercapai ke depannya nanti.

Tes wawancara sendiri berlangsung tertib dan rapi serta sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu 30 menit bagi masing-masing pelamar. Venue dilakukan di dua tempat, yaitu di Auditorium LIPI untuk pelamar bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian, Hayati, Teknologi, dan Jasa Ilmiah, serta Aula Widya Graha untuk pelamar bidang Sosial dan Kemasyarakatan serta Kesekretariatan Utama.

Untuk penerimaan CPNS LIPI tahun ini, LIPI memberikan satu formasi kepada putera daerah Papua untuk ditempatkan di UPT LIPI di Biak. (ys)
Sumber : Humas LIPI

Diakses : 2670