LIPI Serius Tingkatkan Kemampuan Ilmiah Generasi Muda

 
 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) siap untuk memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan ilmiah generasi muda. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono.

Apabila dilihat dari indeks penghargaan, bisa dikatakan kemampuan ilmiah generasi muda Indonesia tidak mengecewakan. Bahkan ada beberapa yang begitu brillian melampaui kualitas generasi muda negara lain. Hal ini juga tidak terlepas dari peran LIPI yang merupakan sentra pengembangan pengetahuan di negara ini.

LIPI akan terus melakukan kegiatan-kegiatan seperti itu untuk memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan ilmiah remaja Indonesia, khususnya berkaitan dengan kreativitas ilmiah yang menghasilkan invensi bermanfaat, tutur Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono.

Kepala BKPI melihat bahwa arah pengembangan pengetahuan ilmiah adalah emansipasi. Artinya produk-produk yang dihasilkan merupakan bagian untuk membantu hajat hidup orang banyak. Pada poin ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada dasarnya cenderung memuat nilai-nilai positif.

Ada banyak prestasi membanggakan yang ditoreh generasi muda Indonesia di ajang-ajang perlombaan karya ilmiah internasional. Salah satunya adalah yang baru-baru saja terjadi, enam siswa mendapat penghargaan bidang internasional dalam bidang inovasi. penghargaan itu diterima dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) di Bangkok, Thailand. [Emhjid]
Sumber : detikcom, 3 Juli 2012

Sivitas Terkait : Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono

Diakses : 1587