LIPI Siap Gelar Kongres Ilmu Pengetahun Nasional XI

 
 
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menggelar Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional ke-XI (KIPNAS) 2015. Kegiatan akbar ini akan dilaksanakan pada 8 9 Oktober mendatang. Sekretaris Umum LIPI, Siti Nuramaliati Prijono memaparkan, KIPNAS ini merupakan salah satu upaya mempersiapkan ilmuwan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Ini merupakan media yang baik bagi para ilmuwan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan strategis dan actual yang dihadapi Indonesia saat ini, ujar Siti Nuramaliati di Kantor LIPI, Jakarta, Jumat (5/6).

Selain KIPNAS, LIPI juga memaparkan akan menggelar penghargaan kepada ilmuwan terbaik untuk 2015. Ilmuwan yang akan menerima penghargaan ini, yakni Sarwono Prawihardjo selaku ketua pertama LIPI. Kegiataan ini merupakan rangkaian acara Hari Ulang Tahun LIPI ke-48 yang juga diperingati sebagai Hari Teknologi Nasional (Harteknas) pada 23 Agustus.

Ketua LIPI Iskandar Zulkarnain juga menyebutkan terdapat pula kegiatan Sarwono Memorial Lecture (SML) ke-15. Iskandar menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian orasi ilmiah yang dilakukan oleh orang-orang yang memupuni dalam bidangnya. Dalam hal ini, lanjut dia, semisal ilmuwan, praktisi, pakar dan tokoh masyarakat yang jelas terbukti memberikan kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan bangsa dan Negara.

Pada kesempatan yang bersamaan, LIPI juga mengungkapkan akan mengadakan Indonesia Science Expo (ISE). Kegiatan ini merupakan upaya untuk memamerkan hasil riset dan inovasi teknologi yang dihasilkan LIPI.
Sumber : Republika.co.id, 5 Juni 2015

Sivitas Terkait : Siti Nuramaliati Prijono

Diakses : 1176