LIPI Tampilkan Lima Bidang Penelitian di ICCEFE 2016

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lima bidang penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tampil dalam perhelatan Indonesia Climate Change Education Forum & Expo (ICCEFE) 2016 yang baru saja usai digelar pada 13 hingga 17 April 2016 lalu. Kelima bidang ini adalah inovasi teknologi, energi baru dan terbarukan, edukasi perubahan iklim, restorasi ekosistem, dan library corner dari berbagai satuan kerja di lingkungan LIPI.
 
Dari bidang inovasi teknologi, hasil penelitian yang ditampilkan berasal dari Pusat Penelitian Informatika, Pusat Penelitian Metrologi, Pusat Penelitian Limnologi, Pusat Penelitian Bioteknologi, Pusat Penelitian Geoteknologi, dan Kebun Raya Cibodas.
 
Hasil-hasil penelitian itu, di antaranya Rancang Bangun Pusat Data dan Informasi Cuaca serta Gejala Ekstrim untuk Kawasan Perairan di Indonesia, Pengembangan Kalibrator Curah Hujan Portable, Instalasi Pengolah Air Gambut, KIT Diagnostik Kanker Serviks, Teknologi Pencegah Longsor, dan Carbon Capture and Strorage (CCS).
 
Sedangkan bidang energi baru dan terbarukan menampilkan hasil-hasil penelitian berupa Wind Turbin, Vertical Garden, Konventer Kit BBM ke LPG, prototipe Instrumentasi Kebencanaan dan Model Stack Fuel Cell, Bioplastik, dan Pembangkit Listrik Biogas (Biotrik). Hasil-hasil penelitian tersebut berasal dari Pusat Inovasi, Pusat Penelitian Kimia, Pusat Penelitian Fisika, dan Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik.
 
Untuk bidang edukasi perubahan iklim, LIPI menampilkan hasil-hasil penelitian seperti Terumbu Karang “Karangku Terkikis Menangis”, Transplantasi Terumbu Karang “Jakarta Oh Jakarta”, Desain Terumbu Buatan dan Transplantasi Karang, dan beberapa jenis penelitian lainnya. Tiga satuan kerja yang berkontribusi dalam pameran itu, antara lain Pusat Penelitian Oseanografi, UPT Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi Pulau Pari, dan Kebun Raya Cibodas.
 
Sementara untuk bidang restorasi ekosistem menampilkan Isolat (koleksi biakan bidang mikrobiologi) dari Pusat Penelitian Biologi dan pengembangan Kawasan Konservasi Ex-situ Tumbuhan Indonesia dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya. Selain memamerkan hasil-hasil penelitian, LIPI juga menyediakan library corner yang memberikan informasi dan dokumentasi penelitian tentang perubahan iklim. Library corner diisi oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI.
 
Koordinator Komunikasi, Informasi dan Divisi Dewan Pendidikan Nasional Perubahan Iklim Indonesia Amanda Katili sebelumnya saat pembukaan, Rabu (13/4) lalu, menyebutkan tahun ini adalah tahun keenam berlangsungnya ICCEFE 2016. Selain pameran, juga ada berbagai kegiatan pendukung seperti dialog interaktif, talkshow, workshop, dan seminar yang disampaikan oleh peneliti LIPI, antara lain Prof. Dr. Suharsono (peneliti senior Pusat Penelitian Oseanografi LIPI), Dr. Agus Haryono (peneliti dan Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI), dan lainnya. (pwd,sob/ed: isr)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Hubungan Masyarakat

Sivitas Terkait : Isrard S.H., M.H.
Diakses : 2363