LIPI Tekankan Lima Prinsip Pembangunan Technopark

 
 
(Mataram Humas LIPI). Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain, menekankan lima prinsip dasar dalam pembangunan techno park di daerah. Harus ada jaminan lahan yang tidak bermasalah, jaminan keberlangsungan teknis dan ekonomis, teknologi yang selaras, ramah lingkungan, dan harus mampu menjadi entry point untuk terbukanya unit usaha baru, ungkapnya dalam "Workshop Pembangunan Techno Park Banyumulek Berbasis Pemanfaatan Suistainable Bioresources yang diselenggarakan pada Kamis (23/4) lalu di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama pembangunan techno park di Banyumulek, Lombok Barat antara LIPI melalui Pusat Penelitian Bioteknologi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bappeda Kabupaten Lombok Barat, Fakultas Peternakan Universitas Mataram, dan PT. Gerbang NTB Emas.

Menurut Iskandar, perlu ada sinergi antara pihak terkait untuk mendukung keberlanjutan techno park. "Peneliti dan akademisi berperan sebagai transfer teknologi dan peningkatan sumber daya manusia. Pemerintah daerah berperan dalam penyediaan lahan dan fasilitas, sementara swasta berperan dalam keberlangsungan industri, " sambungnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Gita Aryadi, menerangkan Nusa Tenggara Barat telah ditetapksan sebagai kawasan agroekowisata dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Kami berharap pembangunan techno park dapat diselaraskan sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau duplikasi dari program-program yang sudah ada sebelumnya, jelasnya.

Banyumulek sendiri dipilih karena menjadi lokasi Unit Pelaksana Teknis Loka Pengembangan Bio Industri Laut Mataram LIPI yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam bidang pengembangan produk alam laut, sumber daya hayati perairan pesisir, budidaya biota laut, serta pelayanan jasa dan permasyarakatan hasil-hasil pengembangan. (adh/ed:fza)
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Iskandar Zulkarnain

Diakses : 916