LIPI Tingkatkan Kerjasama Iptek dengan University of Queensland

 
 
(Jakarta, 29 Mei 2012 Humas BKPI LIPI) Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim pada Senin (28/5) lalu menandatangani nota kesepahaman mengenai Peningkatan Kerja Sama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan Vice Chancellor and President of University of Queensland Prof. Deborah Terry di Sasana Widya Sarwono, Kampus LIPI Gatot Subroto, Jakarta.

Ruang lingkupnya meliputi proyek penelitian bersama, pengembangan staf dan pendidikan pascasarjana, pertukaean ilmuwan, semimar bersama dan kegiatan kerjasama lain yang mungkin disepakati bersama. Adapun bentuk implementasi kerjasama riset dengan University of Queensland (UQ) antara lain penelitian bersama atau pertukaran peneliti melalui program kompetitif.tematik LIPI, joint supervision untuk program Ph.D, dan Leadership Training Program.

Indonesia adalah salah satu area kunci bagi University of Queensland dalam membangun kerjasama global di wilayah Asia, ujar Terry. Selain dengan LIPI, kerjasama UQ di Indonesia dilakukan dengan UGM, ITB, IPB, Undip, ICIAR dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Setelah penandatanganan nota kesepahaman, acara kemudian dilanjutkan dengan Joint Seminar LIPI University of Queensland yang menghadirkan Deputy Executive Dean of Faculty of Science University of Queensland Prof. Alastair McEwan, Dean of University Queensland Graduate School Prof. Zlatko Skrbis, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Prof.Dr. Bambang Prasetya, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Dr. Syahrul AIman, dan Direktur ICIAR LIPI Prof. Jan Sopaheluwakan.

Selain itu, Prof. Paul Strooper Professor of Software Engineering, School of Information Technology and Electrical Engineering University of Queensland akan memberikan presentasi di P2 Informatika, Kampus LIPI Cisitu Bandung pada Selasa (29/5). Pada Kamis (31/5) tim UQ akan mengunjungi dan memberikan presentasi di P2 Bioteknologi, Cibinong Science Center.

UQ adalah salah satu institusi pendidikan dan penelitian terkemuka di Australia dan dikenal secara internasional. UQ merupakan anggota pendiri Group of Eight (Go8), sebuah kelompok elit universitas Australia yang melakukan 70 persen dari total penelitian yang dilakukan universitas di Australia. Selain itu, UQ merupakan satu dari hanya tiga anggota Universitas 21 di Australia, sebuah aliansi internasional universitas terkemuka terpilih yang melakukan penelitian secara intensif. UQ menduduki peringkat ke-48 di dunia menurut QS World University Rangkings tahun 2011 dan berada dalam 1 persen teratas universitas internasional menurut UK s Times Higher Education Supplement tahun 2012.
Sumber : Humas BKPI-LIPI

Sivitas Terkait : Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono

Diakses : 1587