LIPI Yakin Cibinong Science Center Jadi Model Science Technopark di Indonesia

 
 
Cibinong - Cibinong Science Center (SCC) milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) diyakini bisa menjadi model science technopark (STP) di Indonesia.

Kepala Pusat Inovasi LIPI, Nurul Taufiqu Rochman, mengatakan, CSC sesungguhnya sudah lama menjadi science park yang berada di kawasan dengan luas lahan 180 hektare.

CSC juga memiliki penelitian dasar biologi, kebun raya, biomaterial, sexing sapi, dan pengembangan teknologi nano serta penghasil paten terbesar di Indonesia yakni 371 paten.

"STP merupakan tempat pengembangan riset dasar yang kemudian dibuat alih teknologi desiminasi ke masyarakat atau industri, " katanya, dalam lokakarya Pematangan dan Persiapan STP 2015, di gedung Pusat Inovasi LIPI CSC, Cibinong, Rabu (3/2).

Sedangkan technopark merupakan tempat di mana prototipe teknologi diaplikasikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat atau dikomersialisasi industri.

LIPI pun dipercaya membina pengembangan tujuh technopark dan satu STP dengan anggaran yang akan dikucurkan mencapai Rp 35 miliar untuk tahun 2015.

Nurul menambahkan, tujuh technopark yang dirintis pengembangannya oleh LIPI yakni Samosir untuk pengembangan energi, Tual, Ternate, dan Mataram bidang kemaritiman, Tasikmalaya dan Banyumulek di sektor pertanian.

Selain itu, Pusat Inovasi LIPI akan optimalisasi desiminasi sekitar 15 hasil riset unggulan seperti padi gogo, pupuk, jati platinum, sexing sapi, ekstrak obat-obatan, farmasi, dan riset kebun raya.

Penulis: Ari Supriyanti Rikin/EPR
Sumber : Beritasatu.com, 4 Februari 2015

Sivitas Terkait : Nurul Taufiqu Rochman

Diakses : 2666