LUAS 25 KEBUN RAYA DI INDONESIA 3.000 HEKTAR

 
 
BEDUGUL,KOMPAS luas 21 kebun raya baru dan empat kebun raya lama yang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia saat ini mencapai 3.000 hektar. Kebun raya itu tersebar di 17 provinsi. Jumlah ini menaikkan Indonesia dari peringkat ke17 menjadi ke-13 negara di dunia dengan kebun raya yang berfungsi untuk penelitian dan benteng terakhir bagi tumbuhan terancam punah.

Masih banyak peluang riset yang harus dikembangkan di kebun raya.Belum lama ini kita kecolongan oleh peneliti asing yang menemukan dan mempublikasikan spesies baru dari koleksi Kebun Raya Bali Kata Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI) Mustaid Siregar, Kamis(4/4) di Bedugul Bali.

Berbagai jenis tanaman MelastomataceaeI dari Sulawesi Selatan dikoleksi di Kebun Raya Bali.Menurut Mustaid,ada salah satu jenis yang sedang diriset untuk diidentifikasi oleh peneliti LIPI, Agung Kurniawan, bersama peneliti JF Veldkamp dari Belanda.

Tahun 2011, tanaman itu dipublikasikan di jurnal ilmiah sebagai temuan varietas baru dengan nama Medinillla tapete-magicum Camara-Leret&Veldk disebut sebagai penemu varietas baru itu tanpa menyertakan peneliti LIPI.

Kendala lain seperti kurangnya ahli.Kita belum memiliki ahli mawar, kata Mustaid. Mustaid menunjukkan, ada koleksi mawar hijau di Kebun Raya Bali, namun sejauh ini belum ada riset taksonominya sehingga informasi ilmiahnya belum banyak diketahui. Menurut Kepala Kebun Raya Eka Karya Bali I Nyoman Lugrayasa, belum ada periset untuk tanaman mawar hijau ini. Ini menjadi tantangan pengembangan riset di setiap kebun raya.

Kita msih dalam tahap mengupayakan kebun raya bertambah dengan kepentingan untuk menyelamatkan tumbuhan yang terancam punah katanya.

LIPI menetapkan 21 kebun raya baru memiliki tema masing-masing.Koleksi tanaman diprioritaskan jenis tanaman terancam punah.

Kebun Raya Bukit Sari Jambi, dengan area 425 hektar focus pada koleksi tumbuhan dataran rendah Sumatera. Kebun Raya Parepare, Sulawesi Selatan, dengan area 13,5 hektar focus pada tumbuhan kawasan pesisir Walacea. (NAW)

--Kompas, 4 April 2013--
Sumber : Kompas (cetak)

Sivitas Terkait : Mustaid Siregar

Diakses : 1728