Lahar Dingin Hantarkan Siswa SMA 1 Yogya ke Pittsburg

 
 

Hasil karya ilmiahnya tentang dam pemecah lahar dingin sukses mengantarkan tiga siswa klas 11 SMA 1 Yogyakarta yakni Aulia Azka Januartrika, Anas Mufid Nurrochman dan Amelia Nugrahaningrum ke Pittsburg, Amerika untuk mengikuti Intel International Science and Engineering Fair pada 13-18 Mei mendatang.

Penelitiaan yang mereka lakukan bertujuan untuk mengurangi kerugian yang ditimbulkan lahar dingin dengan cara membangun konstruksi dam yg berguna sebagai penahan aliran dingin sekaligus mempermudah kegiatan penambangan pasir vulkanik oleh masyarakat.

Selain ketiga siswa Yogyakarta ini, peserta Intel International Science and Engineering Fair adalah Muhammad Luthfi Nurfakhri dari SMAN 1 Bogor, pemenang 1 Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke -43 Tahun 2011 Bidang IPT dengan judul Digital Leaf Color Chart. Efa Fazriyah Haryono dan Marwah Zairah, pemenang II LKIR ke-43 Tahun 2011 Bidang IPT dengan judul Termite Resistant Rice Straw Paper with Soursop Leaves Extract.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh saat melepas enam siswa ini menyatakan dukungan positif terhadap keikutsertaan keenam siswa SMA itu untuk mengikuti kompetisi IIESF. "Skema IIESF merupakan sistem pembelajaran penelitian yang sangat baik untuk remaja. Saya sangat mendukung untuk adik-adik sekalian mengikutinya, " ujarnya, Kamis (10/5). (Ati)
Sumber : Kedaulatan Rakyat, 12 Mei 2012

Diakses : 1440