Lima Hasil Penelitian LIPI Ini Siap Dongkrak Potensi Daerah di Indonesia

 
 
Kebumen, Humas LIPI. Lima hasil penelitian dan layanan ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini siap mendongkrak beragam potensi daerah di Indonesia. Kelima hasil riset dan layanan ilmiah tersebut berasal dari berbagai satuan kerja di lingkungan Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI.
 
Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Bambang Subiyanto menyebutkan, pertama datang dari hasil penelitian instrumentasi. Teranyar, ada teknologi nanobubble untuk budidaya perikanan. “Teknologi ini memperbaiki kadar oksigen air untuk mendukung budidaya perikanan agar hasilnya optimal,” kata Bambang kepada media di sela-sela Rapat Kerja Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI di Kebumen Jawa Tengah, Rabu (23/3).
 
Kemudian, ia melanjutkan hasil penelitian kedua yang bisa diaplikasikan adalah pengembangan Indonesian Web of Science atau IDWOS. “Aplikasi tersebut mengukur capaian Iptek Nasional dan Repositori Ilmiah Nasional, sehingga arah riset menjadi tertata dengan baik dan bisa terakses oleh masyarakat,” jelasnya.
 
Ketiga, Bambang menyebutkan pihaknya saat ini juga tengah gencar mengembangkan dan membangun Taman Tekno dan Sains maupun Taman Tekno. “Pengembangan keduanya telah merambah berbagai wilayah di Indonesia yang berfokus pada optimalisasi Iptek untuk potensi daerah,” paparnya.
 
Keempat, ada pula hasil penelitian bidang metrologi dan pengelolaan standar nasional satuan ukuran. “Kita sedang aplikasikan teknologi jam atom yang berguna bagi standarisasi waktu yang akurat bagi industri dan kalangan lainnya,” jelasnya.
 
Dan kelima, LIPI memiliki layanan kalibrasi, pengujian produk industri, pendampingan industri khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menerapkan sistem mutu sehingga produk yang dihasilkan berdaya saing.
 
Khusus pendampingan industri, LIPI memberikan pula bantuan alih teknologi di berbagai bidang seperti pertanian, perikanan, dan lainnya kepada masyarakat. “Lalu, ada juga pembinaan industri pemula berbasis teknologi, pembimbingan hak kekayaan intelektual, penerbitan ilmiah, dan informasi teknologi berbasis multimedia,” ungkap Bambang.
 
Tjuning, Kepala Bidang Pelayanan Perijinan Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah menuturkan, pihaknya siap untuk menerima berbagai aplikasi hasil penelitian LIPI tersebut. “Saya sampaikan apresiasi atas inisiasi LIPI untuk mendorong peningkatan daya saing daerah melalui hasil-hasil penelitiannya,” ujarnya.
 
Khusus Jawa Tengah, Tjuning mengharapkan hasil penelitian LIPI bisa mendayagunakan segala potensi dan produk UMKM guna menghadapi persaingan yang makin ketat. “Terlebih lagi, saat ini kita sudah berada pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” tutupnya. (pwd/ed: isr)

Sumber foto: http://center.nano.or.id/studi-teknologi-nanobubble-ke-jepang/

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas

Diakses : 3350