Lima Pemenang LKIR LIPI Wakili Indonesia Berkompetisi di ASPC 2018 Thailand

 
 
Thailand, Humas LIPI. Lima pelajar Sekolah Menengah Atas Pemenang LKIR LIPI tahun 2017 mewakili Indonesia berkompetisi dalam The Fourth ASEAN Student Science Project Competition (ASPC) 2018 dari tanggal 22 – 26 Juli 2018 di National Science Museum (NSM) Thailand. Kompetisi ini merupakan hasil kerjasama antara NSM Thailand, Science Society of Thailand under the Patronage of His Majesty the King, dan Ministry of Science and Technology Thailand.

Adapun lima pelajar wakil bangsa tersebut akan berkompetisi mempresentasikan hasil penelitian mereka yang berjudul “Pemanfaatan Pohon Sengon (Paraserianthes falcataria) sebagai indikator Ls-D (landslide detector) untuk mendeteksi aktivitas pergeseran tanah (Studi kasis desa Bulu Rejo Karanganyar”, “Biosensor berbasiskan antibody dan antigen yang menggunakan darah anjing Kintamani bali sebagai pendeteksi virus Rabies”, dan “Potensi pelapis sintetik basa Schiff dari hasil asilasi kitosan Kerang Hijau (Perna viridis) sebagai inhibitor korosi pada kapal”.

Dalam sambutannya, President of NSM Thailand, Rawin Raviwongse, menyampaikan bahwa pelaksanaan ASPC 2018 bertujuan untuk menguatkan jaringan internasional antara komunitas iptek dan pelajar. “Melalui ASPC ini, kami ingin agar para peserta dapat mengalami iptek secara menyenangkan dan sekaligus mengembangkan rasa keingintahuan generasi muda. Intinya adalah membuat iptek menjadi sesuatu yang enjoyable dan dapat diakses”, ujarnya.

Senada dengan Raviwongse, Permanent Secretary – Ministry of Science of Technology Thailand, Soranit Siltharm yang membuka ASPC 2018 ini secara resmi, mengatakan bahwa ASPC ini unik dibandingkan kompetisi internasional lainnya. “Tidak hanya untuk berkompetisi, ASPC adalah suatu proses membangun persahabatan internasional, berbagi pengalaman, dan bertukar ide. Jadi, jangan lupa untuk menikmati makanan, budaya tradisional, dan smiling faces dari Thailand!”, tutupnya. (dig)

 


Sivitas Terkait : Indriyani S.Sos.