Mandiri Hadapi Pandemi, 55 Produk Inovasi Covid-19 Anak Bangsa Diluncurkan

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2020, Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) meluncurkan produk inovasi Covid-19 dalam acara Kebangkitan Inovasi Indonesia yang dilakukan secara virtual, pada Rabu (20/5). 

Produk inovasi tersebut merupakan hasil karya peneliti dan perakayasa untuk mendukung kemandirian bangsa dalam pencegahan, diagnosis, pengobatan, dan teknologi/alat kesehatan terkait Covid-19.

“Kita patut berbangga karena dari tangan-tangan anak bangsa, kita dapat menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan untuk menangani Covid-19 secara mandiri,” ujar Presiden RI, Joko Widodo, saat secara resmi meluncurkan produk-produk inovasi Covid-19. Presiden Jokowi mengatakan bahwa hal ini merupakan momentum baru kebangkitan bangsa dalam sains dan teknologi, khususnya dalam bidang kesehatan.

Menteri Kemenristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro, menjelaskan bahwa produk inovasi ini adalah upaya peneliti dan perekayasa dalam menangani Covid-19 tanpa bergantung pada alat kesehatan impor. “Produk inovasi ini tercipta atas kerjasama lembaga penelitian, universitas, hingga industri,” ujar Bambang. 

Terdapat 55 produk inovasi Covid-19 yang dihasilkan dari proposal penelitian Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN. Sembilan di antaranya telah ditinjau langsung oleh Joko Widodo dan siap digunakan atau diproduksi secara masal, yaitu PCR Test Kit Covid-19, Rapid Diagnostic Test IgG/IgM Covid-19, Emergency Ventilator, Imunomodulator Herbal Asli Indonesia, Plasma Convalesence, Mobile Lab BSL-2, Sistem AI X-Ray deteksi Covid-19, Medical Assistant Robot dan Autonomus UVC Mobile Robot, serta Air Purifying Respirator. 

Autonomus UVC Mobile Robot merupakan kerjasama antara LIPI dan Telkom University. Alat ini dikembangkan sebagai alat pendukung pelayanan kesehatan untuk menekan angka penularan dan mempermudah kinerja tenaga kesehatan dalam penanganan pasien Covid-19. Sebagai langkah pencegahan, Ada pula Simple Smart UVC Sanitizer untuk sterilisasi ruang dengan memanfaatkan sinar UV yang dapat membunuh virus. 

LIPI juga mengembangkan hands-free door opener untuk meminimalisir kontak telapak tangan dengan gagang pintu. Selain itu, kerjasama LIPI dan PT. Kalbe berhasil menghasilkan imunomodulator herbal asli Indonesia untuk menambah daya tahan tubuh sehingga menekan kerentanan penularan Covid-19.

Untuk memecahkan masalah keterbatasan jumlah sumber daya manusia, LIPI membuka pelatihan relawan laboratorium Biosafety Level-3. Para relawan diberikan pembinaan, pendidikan, dan pelatihan langsung oleh instruktur dari World BioHazTech Singapura, Kementerian Kesehatan RI, dan Asosiasi Biorisiko Indonesia (ABI), di fasilitas laboratorium BSL-3 LIPI, Cibinong. (sr/ed:Drs)


Diakses : 1658