Menerapkan Riset dalam Stategis Bisnis

 
 
Langkah tersebut penting karena persaingan bisnis yang terus meningkat, baik di kancah lokal maupun global.

JAKARTA Para pebisnis di Indonesia harus mulai mengubah pola pikir dengan menerapkan riset dalam strategi bisnis mereka. Langkah tersebut penting karena persaingan bisnis yang terus meningkat, baik di kancah lokal maupun global.

Selama ini penyebab kesenjangan antara industri dan lembaga penelitian adalah adanya persoalan pola pikir, kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iskandar Zulkarnain, sesaat setelah acara LIPI Science-Based Industrial Innovation (SBII) Award 2015 dan Peluncuran Buku Persepsi Masyarakat Indonesia terhadap Iptek, di Auditorium LIPI, Jakarta, Rabu (2/9).

Ia mengatakan, kebijakan industri umumnya berdasarkan pola pikir hitung-hitungan keuntungan atau profit. Menurutnya, kebijakan perusahaan tersebut sebenarnya tidak salah, karena orientasi dunia usaha sudah selayaknya adalah profit.

Namun, yang saat ini penting dilakukan adalah mendekatkan dunia usaha dengan lembaga penelitian. Ia berpendapat, bila kedua lembaga tersebut didekatkan dengan komunikasi dan interaksi yang lebih sering, keduanya akan dapat memiliki sinergi yang saling menguntungkan.

Kalau keduanya bisa didekatkan, kegiatan-kegiatan penelitian diharapkan dapat menjawab persoalan industry; industri dapat melihat pentingnya mendukung litbang, ujar Iskandar.

Ia mengatakan, komunikasi yang baik antara dunia industri dan lembaga litbang akan dapat membuat keduanya menganggap penting terjalinnya kerja sama. Menurut Iskandar, hubungan yang baik akan memungkinkan pola pikir industri terkait lisensi akan dapat berubah.

Industri yang selama ini menganggap membeli lisensi dari luar negeri merupakan langkah yang mudah dan murah, mungkin akan dapat berubah. Ia berharap, perubahan pola pikir akan terjadi sehingga industri akan mulai mendukung litbang di dalam negeri.

Dengan adanya komunikasi, industri mungkin akan berubah pandangan; bahwa membeli lisensi dari luar negeri memang lebih murah untuk jangka pendek, tapi tidak untuk jangka panjang, tutur Iskandar.

Pentingnya Kemitraan

Direktur Jenderal Pengembangan dan Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Jumain Appe mengatakan, lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) perlu mengembangkan kemitraan strategis dengan industri. Menurutnya, lembaga litbang harus memiliki visi yang sama dengan dunia industry. Itu agar lembaga tersebut mampu membantu dunia industri.

Yang saat ini banyak terjadi, lembaga litbang kita tidak memiliki visi sama dengan industri, ucap Jumain dalam acara LIPI SBII Award 2015. Untuk itu, menurutnya institusinya akan mulai mendorong kemitraan strategis antara lembaga litbang dengan industri. Ia mengatakan, industri perlu didorong bermitra dengan bagian litbang, baik di perguruan tinggi maupun lembaga litbang seperti LIPI.

Ia menganggap, langkah tersebut penting karena industri biasanya tidak memiliki sumber daya manusia (SDM) peneliti yang cukup kompeten, sedangkan lembaga litbang tidak memiliki fasilitas penelitian yang memadai. Untuk itu, kami akan mengarahkan SDM litbang agar bisa membantu dunia industri, kata Jumain.

Sumber : Sinar Harapan
Sumber : Sinarharapan.co, 3 September 2015

Sivitas Terkait : Trina Fizzanty

Diakses : 653