Mengenang Rekam Jejak Prof. Aprilani Soegiarto, Pakar Kelautan Dunia

 
 
Salah seorang pakar kelautan yang dimiliki Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah Prof. Dr. Aprilani Soegiarto, M.Sc. Kepakarannya telah diakui dalam lingkup nasional, regional bahkan internasional dengan beragam penghargaan yang telah diterimanya. Di usianya yang kini memasuki 80 tahun, Prof. Aprilani tidak pernah surut dalam gagasan dan pemikiran untuk memajukan penelitian dan pembangunan sektor kelautan Indonesia. Dan untuk mengenang rekam jejaknya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Oseanografi bersama dengan Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI) meluncurkan buku Kenangan Gerak Langkah Prof. Dr. Aprilani Soegiarto, M.Sc. dalam Pengembangan Ilmu Kelautan dan Sumber Daya Manusianya pada Kamis, 30 April 2015.

Jakarta, 30 April 2015. Sebagai seorang pakar dalam penelitian oseanografi, Prof. Aprilani telah mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas, berkomitmen dan berorientasi jangka panjang bagi pembangunan kelautan Indonesia. Selama lebih kurang 40 tahun, ia mencurahkan tenaga, pikiran dan karya yang tidak ternilai untuk ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang kelautan yang bermanfaat bagi pembangunan sektor maritim. Bahkan di masa purnabaktinya pun, beliau masih tetap berkarya dan memberikan kontribusi pemikiran untuk kelanjutan pembangunan kelautan Indonesia, ungkap Kepala LIPI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain.

Iskandar mengatakan, dengan peluncuran buku kenangan Prof. Aprilani, hal itu menandakan bahwa salah satu ilmuwan terbaik ini memiliki rekam jejak pengabdian yang tidak terbantahkan sepanjang karirnya di bidang penelitian kelautan. Ungkapan rekan sejawat, sahabat, dan kenalan yang pernah berinteraksi dalam beragam aktifitas dengan beliau yang tercantum dalam buku tersebut menunjukkan beliau begitu dikenal luas dan seakan tidak mengenal lelah dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidangnya, jelasnya.

Plt. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (LIPI), Dr. Zainal Arifin, M.Sc. menambahkan, jasa Prof. Aprilani yang patut diapresiasi pula adalah tatkala turut memfasilitasi berdirinya ISOI dan pernah juga menjabat sebagai ketua pada periode 1974 1984. Selain itu, dia juga turut mengenyam sejarah berdirinya Pusat Penelitian Oseanografi LIPI. Jauh sebelum sektor maritim mendapat perhatian pemerintah seperti saat ini, LIPI telah melakukan berbagai kegiatan untuk mengeksplorasi dan menggali potensi sektor kelautan Indonesia, ujarnya.

Zainal yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Oseanogradi LIPI menyebutkan, riset kelautan Indonesia secara kelembagaan telah dimulai sejak tahun 1905, saat didirikannya Visscherij Station te Batavia di Pasar Ikan, Jakarta Utara. Stasiun perikanan inilah yang kemudian melahirkan Lembaga Oseanologi Nasional (sekarang Pusat Penelitian Oseanografi LIPI). Dan, Prof. Aprilani pun menjadi bagian dari Pusat Penelitian Oseanografi dan mengembangkan ilmu kelautannya hingga menjadi pakar seperti sekarang, tuturnya.

Sementara itu sebagai informasi, peluncuran buku Kenangan Gerak Langkah Prof. Dr. Aprilani Soegiarto, M.Sc. sendiri akan digelar di Auditorium Utama LIPI, lt. 2, Jl. Gatot Subroto 10 Jakarta. Kegiatan ini akan menghadirkan pembicara tamu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Prof. Dr. Ir. Indroyono Soesilo, M. Sc., dan dihadiri rekan sejawat, kerabat, dan sahabat dari Prof. Aprilani, serta perwakilan berbagai lembaga riset non kementerian, kementerian serta universitas.

Keterangan Lebih Lanjut:
- Dr. Zainal Arifin, M.Sc. (Plt. Deputi IPK/Ka Pusat Penelitian Oseanografi LIPI)
- Nur Tri Aries Suestiningtyas, MA (Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)

Note/Undangan:
Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN untuk menghadiri acara Peluncuran Buku Kenangan Gerak Langkah Prof. Dr. Aprilani Soegiarto, M.Sc. dalam Pengembangan Ilmu Kelautan dan Sumber Daya Manusianya di Auditorium Utama LIPI, lt. 2, Jl. Gatot Subroto 10 Jakarta, pada Kamis, 30 April 2015 pada pukul 12.30 WIB.

Penulis : Puslit Oseanografi
Editor : dnh/pwd

Siaran Pers ini dibuat oleh Humas LIPI

Sivitas Terkait : Zainal Arifin

Diakses : 1338