MoU LIPI - UNU-EHS

 
 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaksanakan penandatanganan kerjasama (Nota Kesepahaman) atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan The United Nations University Institute for Evironment and Human Security (UNU-EHS) Jerman, Senin (6/2), di Gedung Sasana Widya Sarwono (SWS) Lantai 2, Jakarta. MoU bertujuan untuk mempromosikan kerjasama bidang penelitian, pendidikan dan pengembangan kemampuan ilmiah kedua belah pihak. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Prof. Dr. Jakob Rhyner (Direktur UNU-EHS) dan Prof. Dr. Lukman Hakim (Kepala LIPI).

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Lukman Hakim mengatakan, pembentukan kerjasama ini merupakan langkah maju signifikan untuk lebih mengembangkan kolaborasi bersama dalam berbagai kegiatan ilmiah yang terfokus pada lingkungan dan keamanan masyarakat. Kami senang bisa berbagi dengan UNU melakukan penelitian khususnya tentang mitigasi bencana (tsunami) untuk membantu pemerintah, masyarakat dan komunitas internasional dalam membangun strategi dan tindakan bagi ketahanan bencana, tandasnya.

Ia menuturkan, LIPI beberapa waktu lalu telah mengambil langkah strategis dengan mendirikan The International Center for Interdisciplinary and Advanced Research (ICIAR). Pada awal pembentukan ICIAR, secara konseptual telah melaksanakan beragam diskusi intensif dan berbagi ide antara LIPI dengan UNU-EHS. Kami senang kehadiran Anda (perwakilan UNU-EHS) yang mencerminkan komitmen untuk memformalkan kerjasama bagi kepentingan bersama di masa depan, imbuhnya.

Lukman pun berharap bahwa kerjasama tersebut mampu membawa para ilmuwan kedua belah pihak membuat rencana kerja dan implementasinya. Prof. Dr. Jakob Rhyner, Direktur UNU-EHS menyambut langkah kerjasama tersebut dengan bangga. Dia menyampaikan apresiasi terhadap sambutan hangat LIPI yang telah memfasilitasi hingga terwujudnya penandatanganan Nota Kesepahaman.

Jakarta, 6 Februari 2012 (Humas BKPI-LIPI)

Sivitas Terkait : Lukman Hakim

Diakses : 1132