Mobil Listrik Menristek Urus STCK

 
 
Jakarta, KompasOtomotif Acara peluncuran mobil listrik Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta ternyata mundur dari waktu yang dijadwalkan, yaitu pertengahan Mei 2013. "Jadwal peluncuran ditunda karena masih ada yang harus dikerjakan, " jelas Abdul Hapid, Koordinator Penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kepada KompasOtomotif, Selasa (28/5) siang tadi.

Dikatakan, saat ini Hevina Sedan nama mobil listrik Menristek sedang menjalani beragam uji coba ringan di lingkungan LIPI, Bandung, Jawa Barat. Tes jalan belum dilakukan karena harus mengurus Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK).

"Begitu surat ada, baru kami lakukan uji kelayakan di perkotaan. Kita lakukan sesuai prosedur, seperti pesan Pak Menteri, " tambahnya. Tes yang sudah dijalankan adalah sasis dan dyno.

Komponen yang menjadi perhatian utama adalah perangkat keselamatan, kelistrikan, dan daya tahan motor listrik bersama baterai. Sebab, akan digunakan sebagai mobil dinas dan dipakai sehari-hari.

Jika tidak ada halangan dalam proses pengurusan surat serta uji kelayakan, Hevina Sedan akan diluncurkan pada pertengahan bulan depan.

Editor : Zulkifli BJ
Sumber : Kompas.com, 28 Mei 2013

Sivitas Terkait : Abdul Hapid

Diakses : 1655