Motor Mobil Listrik Menristek Buatan LIPI

 
 
Jakarta, KompasOtomotif - Mobil listrik yang akan digunakan oleh Menristek sebagai kendaraan harian dinas, motor listrik yang digunakan untuk menggerakkan mobil ternyata dibuat oleh para ahli Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bandung.

"Hanya baterai yang beli, " jelas Heri Purwanto, Staff Khusus Menristek Bidang Teknologi Transportasi ketika ditemui Kompas.com di gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Dijelaskan, sedan berkelir putih menggunakan sistem gerak roda depan. Berarti, motor listrik berada di bawah tutup moncong depan mobil. Untuk menggerakan motor, digunakan 20 sel baterai lithium-ion, bila terisi penuh bisa untuk menempuh jarak 120 km. Sedangkan untuk mengisi baterai - secara cepat - butuh waktu 4 jam. Teknologi lainnya adalah regeneratif energi rem.

Girboks

Sedan yang dinamai Hevina ini, motor listriknya tidak langsung memutar as roda depan, tetap harus melalui girboks. Menurut Abdul Hapid, Koordinator Penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, transmisi manual 5 percepatan diambil dari mobil yang dipasarkan di Indonesia. Karena untuk riset, mobil tersebut hanya dibuat satu unit saja.

Desain

Desain sedan ini juga juga dikerjakan oleh LIPI Bandung namun proses pengerjaan diserahkan ke Bengkel Signal Kustom, Bandung.

"Terus terang, saya tidak tahu siapa yang mendesain, sejarah serta latar belakangnya. Kita ditugaskan oleh LIPI untuk membuat, " jelas Andre Mulyadi, pemilik Signal Kustom.

Untuk interior, diserahkan ke Vertue Corporation - spesialis di bidangnya - dan ternyata mampu menghadirkan kesan mewah dengan melapisi seluruh permukaan dengan kulit. Bahkan jok menggunakan Wollsdorf, Original Equipment Manufacturer (OEM) dari Lamborghini. Sedangkan untuk hiburan diserahkan ke Pioneer, anatara lain pemasangan speaker, head unit yang dapat memainkan DVD, MP3 dan koneksi USB. Untuk lampu, mengandalkan produk Autovision.

Komponen lain, rem, suspensi, kaca, power window dan central lock, dibeli dari merek yang dijual secara bebas!

Editor : Zulkifli BJ
Sumber : Kompas.com - Selasa, 16 April 2013

Sivitas Terkait : Abdul Hapid

Diakses : 1975