Museum Zoologicum Bogoriense Peringati HUT Ke-120

 
 
JAKARTA, (PRLM).- Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun ini merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-120. Dalam memperingati HUT ini, museum tersebut akan menyelenggarakan "Open House " dan "Science Camp " di Gedung Widyasatwaloka, Cibinong Science Center (CSC), Pusat Penelitian Biologi LIPI, Bogor, 30 September hingga 1 Oktober 2014.

Sebagaimana keterangan pers, Senin (29/9/2014) disebutkan, saat ini kekayaan koleksi ilmiah fauna Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) LIPI merupakan yang terbesar dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara.

Dijelaskan, MZB telah berdiri sejak 1894 dan sekarang menjadi bagian dari Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Kepala LIPI Lukman Hakim mengungkapkan bahwa pada masa awal berdirinya, museum ini hanya satu laboratorium kecil yang terletak di kawasan Kebun Raya Bogor. Seiring dengan berjalannya waktu, laboratorium yang awalnya hanya mengoleksi dan meneliti serangga pada tanaman pertanian terus berkembang meneliti jenis fauna lainnya, seperti burung, mamalia, ikan, dan moluska, ujarnya.

Lukman menuturkan, pada 1997, seluruh staf dan koleksi ilmiah fauna Indonesia yang dimiliki MZB dipindahkan ke gedung baru Wiyasatwaloka di kawasan CSC Bogor yang memiliki fasilitas berstandar internasional.

Gedung museum lama di Kebun Raya Bogor tetap menjadi museum pameran, sedangkan seluruh kegiatan penelitian dilakukan di gedung baru.

Komitmen LIPI saat ini akan terus melakukan kegiatan ekspedisi di seluruh wilayah Indonesia, sehingga jumlah koleksi ilmiah fauna Indonesia semakin lengkap dan dikenal dunia, jelasnya.

Sementera itu, Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI sekaligus Direktur Museum Zoologicum Bogoriense LIPI Rosichon Ubaidillah menjelaskan, kekayaan koleksi ilmiah MZB hingga sekarang telah mencapai 3.015.846 spesimen yang terdiri dari 2.484 jenis koleksi Moluska, 134 jenis cacing nematoda, 12.000 jenis serangga, 780 jenis krustasea, 1.200 jenis ikan, 498 jenis reptil, 334 jenis amfibi, 1.100 jenis burung, dan 470 jenis mamalia.(Agus Ibnudin/A-108)
Sumber : Pikiran Rakyat Online, 30 September 2014

Sivitas Terkait : Rosichon Ubaidillah

Diakses : 893