Optimalkan Pemanfaatan Fasilitas Riset untuk Masyarakat, LIPI Sepakati Kerja Sama dengan Kabupaten Bogor

 
 

Cibinong, Humas LIPI. Sejak diinisiasi oleh Presiden Soekarno pada awal tahun 1960, kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG) yang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ini berkembang sebagai kawasan penelitian, pendidikan, wisata dan penciptaan perusahaan berbasis inovasi. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas riset yang berada di kawasan 189 hektare di Nanggewer, Cibinong, Bogor ini, Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko dan Bupati Bogor, Ade Yasin sepakat menandatangani nota kesepahaman pada Kamis (21/2) di Cibinong, Jawa Barat.

Handoko menjelaskan, seluruh aset dan fasilitas LIPI bisa dimanfaatkan masyarakat. “Tidak hanya mengembangkan pengetahuan dan konservasi namun bisa langsung dimanfaatkan masyarakat terutama untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta industri,” jelasnya.


Handoko menjelaskan, saat ini di CSC-BG terdapat Pusat Penelitian Biologi LIPI; Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI; Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan LIPI; Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, Pusat Penelitian Limnologi LIPI; Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek; juga Badan Informasi Geospasial (BIG). “Komitmen serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bogor menjadi  modal kuat dalam pengembangan kawasan CSC-BG,” ujar Handoko.

Dirinya menjelaskan, untuk tahun ini LIPI menginvestasikan dana 250 miliar rupiah untuk pengembangan kawasan CSC-BG. “Tahun depan akan ada dana 500 miliar rupiah untuk pembangunan gedung koleksi dan fasilitas laboratorium. Kami juga membuka skema kerja sama operasional misalnya untuk pengelolaan kawasan dengan badan usaha milik daerah.”

Bupati Bogor, Ade Yasin menjelaskan kerja sama dengan LIPI ini sejalan dengan strategi pengembangan pembangunan berkelanjutan di kabupaten Bogor. “Kawasan CSC-BG adalah paru-paru kota untuk wilayah Cibinong dan sekitar. Kerja sama dengan LIPI akan memberikan harapan baru untuk pembangunan yang berkelanjutan terutama di sektor wisata,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, Cibinong yang merupakan ibu kota kabupaten Bogor saat ini berbenah menuju kota wisata dan olahraga. “Di kawasan ini ada stadion Pakansari dan sirkuit Sentul. Kami juga tengah membangun 40 taman tematik. Kami berharap ada bantuan supervisi dan koleksi tanaman untuk bisa ditanam dari LIPI,” jelas Ade.

Ia juga mengharapkan adanya bantuan tenaga peneliti LIPI untuk Bappeda Litbang Kabupaten Bogor. “Adanya tenaga peneliti menjadikan setiap program pembangunan mempunyai kajian berbasis riset agar hasilnya lebih efektif,” tutup Ade. (fza/ed: dig) 


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.