PIRN 2019 di Banyuwangi Resmi Dimulai

 
 
Banyuwangi, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar acara tahunan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) yang kali ini menjadikan Banyuwangi sebagai tuan rumah. Pembukaan PIRN 2019 di Banyuwangi dilakukan oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dan Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas pada Senin (24/6) di Lapangan Tenis Indoor GOR  Tawang Alun, Banyuwangi, Jawa Timur.

Tahun ini, PIRN diikuti oleh 1000 peserta, yang merupakan jumlah terbanyak dan terbesar dalam sejarah pelaksanaan LIPI sejak tahun 2002. “PIRN tahun ini mengusung tema Generasi Sains Milenial Penggerak Kemandirian Ekonomi Daerah,” jelas Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas. Menurut Nur, tema ini dipilih karena sangat relevan untuk menanamkan sikap kepemimpinan dan pola pikir ilmiah kepada remaja Indonesia.

Dirinya berharap, PIRN dapat dijadikan jalan dalam membangun jejaring, mempererat tali persaudaraan dan nasionalisme bangsa bagi seluruh pemuda dari seluruh Indonesia. "Kegiatan PIRN pada dasarnya merupakan upaya dalam menanamkan pola pikir sebagai science-preneur.  Melalui pembimbingan ilmiah diharapkan lahir pemimpin bangsa yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing internasional," ujar Nur.

Dalam sambutannya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan optimisme dan harapannya terhadap pelaksanaan PIRN di Banyuwangi. “PIRN merupakan panggung yang diperlukan para pemuda untuk mengasah kreativitas, bertukar pikiran, serta berinovasi, ujar Anas.

Dirinya merasa sangat terinspirasi dengan para remaja yang hadir di Banyuwangi. "Pandangan dan tulisan mereka dalam PIRN ini dapat memberikan inspirasi bagi kita. Sebagai generasi milenial mereka memiliki peran penting dan mampu mendorong pertumbuhan di berbagai daerah."

Pelaksanaan PIRN akan mulai Senin (24/6) hingga Sabtu (29/6). Seluruh peserta yang terdiri dari siswa tingkat SD hingga SMA/SMK dan sederajat serta guru akan mulai mendapatkan pembinaan terkait metodologi penelitian, praktik penelitian dan penyusunan laporan penelitian.

Selain itu, PIRN juga  diisi agenda workshop ilmiah, pameran sains dan dialog yang menghadirkan tokoh muda inspiratif.  “Selamat belajar, saya jadikan momen PIRN ini sebagai momen bagi saya untuk kembali lagi ke buku dan ilmu pengetahuan. Kita tingkatkan budaya literasi kita,”pungkas Anas. (iz, ya/ed: fz)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.