Para Ilmuwan Se-Indonesia Berkumpul Bahas Nasib Bangsa

 
 
JAKARTA - Para ilmuwan Se-Indonesia hadir dalam Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (Kipnas) XI. Ajang empat tahunan ini digelar di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), untuk merumuskan kesejahteraan Indonesia.

Dengan mengusung tema Signifikansi dan Kontribusi Ilmu Pengetahuan bagi Indonesia Sejahtera, kongres diharapkan dapat memecahkan isu strategis pada abad ini. "Bahwa Kipnas merupakan ajang pertemuan empat tahunan untuk mendiskusikan perkembangan ilmu pengetahuan dalam menjawab permasalahan bangsa, " ungkap Kepala LIPI Iskandar Zulkarnaen di Jakarta, Kamis(8/10/2015).

Selain mencari rumusan terbaik untuk bangsa ke depan, ajang Kipnas XI juga akan diisi pemberian penghargaan kepada remaja berprestasi internasional dan LIPI Young Scientist Award.

Menurut Iskandar, kemajuan ilmu pengetahuan menjadi faktor pendorong utama ekonomi suatu bangsa. Ilmu pengetahuan juga bisa meningkatkan kenyamanan hidup. "Bahwa dampak positif dari ilmu pengetahuan lebih besar dari pada dampak negatifnya, " ujarnya.

Dalam kesempatan ini Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir menyatakan ilmu pengetahuan bisa mendorong kemajuan negeri ini. "Para ilmuwan bisa membangun kesejahteraan di negeri ini, " imbuhnya.

Nasir berharap bahwa Kipnas dapat mengedukasi masyarakat. "Harapannya dengan hal ini bisa menciptakan dan mengedukasi banyak masyarakat. Mengingatkan ilmu pengetahuan teutama dalam riset-riset, " tambahnya. (ful)
Sumber : Okezone.com, 8 Oktober 2015

Sivitas Terkait : Iskandar Zulkarnain

Diakses : 1484